Beredar Surat Usulan Penambahan Provinsi Sumatera Tengah, Warga Sumbar Protes

Surat usulan dengan perihal pemekaran Provinsi Sumatera Tengah itu ditujukan untuk Presiden Republik Indonesia dan tembusan kepada sejumlah lembaga tinggi negara.

Nindi Morita Sari
Kamis, 22 Desember 2022 | 20:13 WIB
Beredar Surat Usulan Penambahan Provinsi Sumatera Tengah, Warga Sumbar Protes
Pulau Sumatera (Pinterest)

Selebtek.suara.com – Pulau Sumatera terdiri dari 10 provinsi yaitu Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung dan Lampung.

Namun beberapa waktu lalu warga Sumatera Barat dihebohkan karena beredar surat usulan penambahan provinsi Sumatera Tengah.

Kehebohan ini terjadi karena pihak pengusul akan mengklaim beberapa wilayah di Sumatera Barat untuk menjadi bagian dari wilayah Sumatera Tengah.

Diantara wilayah Sumatera Barat yang akan diklaim nantinya yaitu Kabupaten Dharmasraya, Solok Selatan dan Sijunjung.

Baca Juga:Nakal di Usia Muda, Denny Sumargo Habiskan Uang 35 Miliar Untuk Lakukan Ini: Kecanduan

Surat usulan dengan perihal pemekaran Provinsi Sumatera Tengah itu ditujukan untuk Presiden Republik Indonesia dan tembusan kepada sejumlah lembaga tinggi negara seperti Ketua DPR RI, Ketua DPD RI, Menteri Dalam Negeri, serta Gubernur Sumatera Barat, Riau dan Jambi.

Menurut akun Instagram @infosumbar, surat usulan itu ditandatangani oleh seorang tokoh di daerah Dharmasraya Sumatera Barat.

Namun walaupun ditandatangani oleh salah seorang warganya, Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengaku tidak tahu perihal surat usulan Pemekaran Wilayah Sumatera Tengah itu.

Dengan beredarnya surat ini tentunya memancing amarah warga Sumatera Barat. Banyak yang tidak terima jika wilayah mereka diubah menjadi Sumatera Tengah.

Menurut warga, alangkah lebih baik jika surat pengajuan tersebut berisikan permohonan untuk memperbaiki infrastruktur yang rusak, salah satunya perbaikan jalan.

Baca Juga:10 Tahun Bersama, Park Bo Gum Memilih Pisah dengan Blossom Entertainment

Ada pula yang berpendapat bahwa pihak yang mengajukan usulan hanya ingin menjadi pejabat petinggi di wilayah Sumatera Tengah itu.

Selain Sumatera Barat, beberapa wilayah lain seperti di Provinsi Jambi dan Riau juga turun akan di klaim jika pemekaran ini disetujui. Wilayah Jambi yang akan diklaim yaitu Kota Jambi, Kabupaten Jambi dan Muaro Bungo. Sedangkan di Provinsi Riau ada Kabupaten Kuantan Singingi.

Dengan perpaduan Sumatera Barat dan provinsi lain menjadi Sumatera Tengah itu membuat warga Sumatera Barat mempertanyakan mengenai identitas Minangkabau yang selama ini melekat pada diri mereka.(*)

REKOMENDASI

BERITA TERKAIT

Ragam

Terkini

Tampilkan lebih banyak