NASA Temukan Pulau Baru Lahir di Pasifik

Pulau ini merupakan hasil dari serangkaian letusan gunung berapi yang terletak di Home Reef, sebuah gunung bawah laut di Kepulauan Tonga Tengah.

Muchammad Yani
Jum'at, 23 September 2022 | 10:02 WIB
NASA Temukan Pulau Baru Lahir di Pasifik
Ilustrasi Pulau Misterius. (Pixabay.com)

Selebtek.suara.comNASA telah melihat sebuah pulau yang baru lahir di Samudra Pasifik. Pulau ini merupakan hasil dari serangkaian letusan gunung berapi yang terletak di Home Reef, sebuah gunung bawah laut di Kepulauan Tonga Tengah. 

NASA mengatakan gunung bawah laut itu berulang kali mengeluarkan lava dan mengeluarkan gumpalan abu dan asap mulai 10 September. Namun, sebelas jam setelah letusan dimulai, badan antariksa itu mulai memperhatikan pulau baru itu.

Layanan Geologi Tonga mengatakan bahwa pulau itu diyakini berada sekitar 10 meter (33 kaki) di atas permukaan laut dan lebar 4.000 meter persegi (kira-kira 1 acre). 

Namun, enam hari kemudian, pulau yang baru lahir itu telah berkembang menjadi lebih dari 24.000 meter (sekitar 6 hektar). Itu pertumbuhan yang cukup besar dan menunjukkan seberapa banyak gunung bawah laut telah meletus selama beberapa hari.

Baca Juga:Sandiaga Beri Kejutan Oven Untuk Emak-emak Pembuat Produk Cookies Tauco di Cianjur

NASA temukan pulau baru di Pasifik
NASA temukan pulau baru di Pasifik (sumber:)

Gambar pulau yang baru lahir yang dipamerkan di atas ditangkap oleh Landsat 9, yang merupakan bagian dari Operational Land Imager-2 NASA. Gambar itu diambil pada 14 September dan tidak menunjukkan seberapa besar pertumbuhan pulau itu sejak kemunculannya yang pertama.

Sayangnya, NASA mengatakan pulau yang baru lahir ini kemungkinan tidak akan bertahan lama. Namun, beberapa telah bertahan selama beberapa tahun.

Gunung bawah laut Home Reef telah mencatat empat periode letusan sejak awal tahun 1852. Pulau-pulau kecil terbentuk setelah peristiwa itu dan peristiwa lain pada tahun 1857. Letusan tambahan pada tahun 1984 dan 2006 juga menghasilkan pulau-pulau sementara yang masif dengan tebing setinggi 70 meter.

Lokasi pulau yang baru lahir ini memang sudah matang untuk kejadian seperti itu karena berada di kawasan dengan tiga lempeng tektonik. 

Lempeng-lempeng tersebut terus-menerus bertemu, mendorong Lempeng Pasifik lebih jauh di bawah dua lainnya. Hal ini telah menyebabkan salah satu daerah vulkanik paling aktif di lautan dan menghasilkan salah satu parit terdalam di Bumi. (*)

Baca Juga:Dikira Malas Belajar, Alasan Siswa Ini Jarang Masuk Sekolah Bikin Mewek

Lifestyle

Terkini

Apakah kondisi Lesti Kejora saat ini sudah benar-benar pulih?

Entertainment | 20:48 WIB

Baim Wong dan Paula Verhoeven memenuhi penyidik Polres Metro Jakarta Selatan untuk diperiksa atas kasus konten prank laporan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT)

Entertainment | 19:52 WIB

serial drama tvN 'Little Women' telah dihapus dari Netflix untuk pemirsa di Vietnam, sebagai tanggapan atas permintaan otoritas negara tersebut

Entertainment | 19:44 WIB

Rencana Keisya Levronka berduet dengan Nabila Razali ahirnya terwujud.

Entertainment | 19:17 WIB

Rizky Billar membantah tudingan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang dilayangkan oleh Lesti Kejora

Entertainment | 18:52 WIB

Berdasarkan hasil visum yang disampaikan polisi, terdapat empat bagian tubuh Lesti Kejora yang luka memar dan bengkak

Entertainment | 17:58 WIB

Warganet angkat bicara soal klaim Yusuf Mansur menjadi komisaris Grab.

Entertainment | 17:53 WIB

Baim Wong dan Paula Verhoeven memenuhi panggilan penyidik Polres Metro Jakarta Selatan untuk diperiksa atas kasus konten prank laporan KDRT

Entertainment | 17:08 WIB

Belakangan terungkap bahwa adek Erfil ternyata masih memiliki hubungan darah dengan Rizky Billar

Entertainment | 16:45 WIB

Artis Kpop di Billboard Album Chart

Entertainment | 15:00 WIB

Idris juga mengingatkan dengan tegas lembaga ataupun perusahaan untuk selalu memperhatikan bangunan mereka agar tidak terjadi peristiwa serupa.

Metropolitan | 16:08 WIB

Kabar duka datang dari MTsN 19 Jakarta di bilangan CIlandak, Jakarta Selatan. Tiga siswa meninggal dunia akibat tertimpa tembok sekolah yang roboh karena tergerus air banjir.

Metropolitan | 15:25 WIB

Penanganan banjir menjadi salah satu pekerjaan berat yang belum selesai dikerjakan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Metropolitan | 13:05 WIB

pemberitahuan tilang hanya dikirimkan melalui pesan SMS dari sistem tilang elektronik, tidak melalui pesan WhatsApp

Metropolitan | 11:12 WIB

Pengusahan asal Batam yang dikenal sebagai Haji Permata tewas ditembak saat diburu tim Bea Cukai atas dugaan penyelundupan rokok ilegal

Metropolitan | 08:58 WIB

Denise Chariesta beropini cara Nikita Mirzani agar tetap populer adalah dengan mengomentari permasalahan orang lain.

Gosip | 23:10 WIB

Hasil visum KDRT Lesti Kejora juga jadi berita pilihan hari ini.

Gosip | 22:36 WIB

Kendati begitu, Baim Wong belakangan sadar apa yang dilakukan adalah sebuah kesalahan.

Gosip | 21:27 WIB

Perempuan berusia 26 tahun itu menceritakan pengalamannya terjun di industri porno tersebut dan mengaku masih kerap merasa takut.

Gosip | 20:50 WIB

Di momen lamaran, Jess No Limit memberikan kalung pada Sisca Kohl.

Gosip | 20:31 WIB
Tampilkan lebih banyak