Ricky Sitohang Heran Ferdy Sambo Bisa Jadi Jenderal Bintang Dua: Dia Pintar Jilat Muka

Ricky Sitohang terkejut karena Ferdy Sambo yang tak pernah menjadi Kapolda tiba-tiba berpangkat jenderal bintang dua

Meiko Chan
Jum'at, 23 September 2022 | 08:47 WIB
Ricky Sitohang Heran Ferdy Sambo Bisa Jadi Jenderal Bintang Dua: Dia Pintar Jilat Muka
Ferdy Sambo (Suara.com/Alfian Winnato)

Selebtek.suara.com - Irjen Purnawirawan Ricky Sitohang blak-blakan menyebut ia cukup heran dengan melesatnya jabatan Ferdy Sambo. Padahal masih banyak orang yang lebih pintar di angkatan mantan Kadiv Propam Polri itu.

Ricky Sitohang menyebutkan bahwa terkejut karena Ferdy Sambo yang tak pernah menjadi Kapolda tiba-tiba berpangkat jenderal bintang dua. 

"Saya gak tahu kriterianya Sambo itu apa, gak pernah jadi Kapolda juga tiba-tiba bintang dua," kata Ricky dalam wawancaranya di YouTube Rumah Uya, dikutip, Jumat (23/9/2022).

"Sementara senior-senior  yang lain masih jauh di bawah dia," lanjut Ricky.

Baca Juga:Hati-hati jangan Sampai Kurang Tidur, Tubuh Gampang Kena Penyakit

Menurutnya pengangkatan Sambo menjadi jenderal bintang dua itu menimbulkan kecemburuan sosial di kalangan polri.

"Mbok urut kacang lah kan banyak tiap-tiap angkatan yang punya pengetahuan mumpuni, main loncat-loncat aja, akibatnya terjadi kecemburuan sosial," ujar Ricky.

Ricky juga menyebut masih banyak polisi-polisi bersih yang ada di institusi penegak hukum itu, namun sayangnya mereka tidak diberi kesempatan.

"Ada polisi yang berkualitas mumpuni, hebat dia, tapi dia tidak punya kesempatan. Padahal kalau dia didudukkan pada posisi itu jauh lebih hebat dia untuk membersihkan Polri itu sendiri," katanya.

"Tapi ternyata yang naik yang model-model Sambo itu," ujar Ricky.

Baca Juga:Top 5 Sport: Statistik MotoGP Jepang, Honda Dominasi Sirkuit Motegi

Meski demikian, Ricky enggan menyebut hal itu terjadi karena ada geng di dalam Polri. Karena menurutnya itu hanya persepsi masyarakat.

Tapi ia mengakui kemampuan Sambo hingga bisa mencapai level setinggi itu. Ferdy Sambo disebut Ricky tidak pernah merasakan susah dan merasa semua bisa diaturnya, padahal masih banyak orang yang lebih berkualitas dari suami Putri Candrawathi itu.

"Dia bukan pintar, mintarin orang lain, pintar-pintar jilat muka," kata Ricky.

"Padahal di Mabes Polri ada yg otak-otak brilian, seorang konseptor tapi gak dapat kesempatan. Ini mudah2an jadi guru yang terbaik bagi SDM Mabes Polri untuk mencermati ini," ujarnya.

Perjalanan Karier Ferdy Sambo

Melansir Suara.com, Ferdy Sambo diketahui merupakan lulusan dari Akademi Kepolisian angkatan 1994. Usai menyelesaikan pendidikannya di Semarang, Sambo ditugaskan di Pama Lemdiklat Polri. 

Satu tahun pengabdiannya di Pama Lemdiklat Polri, pada tahun 1995, Ferdy Sambo ikut dalam mutasi penugasan. Kali itu, ia ditugaskan di Pamapta C Polres Metro Jakarta Timur.

Performanya selama bertugas di Pamapta C Polres Metro Jakarta Timur berhasil membuatnya diangkat sebagai Ketua Tim Tekab Polres Metro Jakarta Timur.

Dua tahun setelah mutasinya ke Polres Metro Jakarta Timur pada 1997, Ferdy Sambo dimutasi jabatan sebagai Kepala Unit Resintel Polsek Metro Pasar Rebo Jakarta Timur. Ia juga sempat menjabat sebagai Kepala Unit Resintel Polsek Metro Cakung.

Performa pekerjaan Sambo meningkat dan berhasil membuatnya mendapatkan promosi jabatan sebagai Wakapolsek Metro Matraman Jakarta Timur.

Prestasi cemerlang yang berhasil disabet Ferdy Sambo ini juga membuat karier kepolisiannya semakin bersinar. Ia kembali naik jabatan pada tahun 2001 dan diamanahkan sebagai Wakasat Reskrim Polres Metro Jakarta Timur.

Hampir 10 tahun berkarir di seputaran DKI Jakarta, Ferdy Sambo pun kembali dimutasi ke Bogor, Jawa Barat dan menjabat sebagai Kasat Reskrim Polres Bogor.

Sambo kembali mendapatkan promosi jabatan sebagai Kanit IV Satops I Ditreskrim Polda Jawa Barat pada tahun 2004. Satu tahun setelahnya, ia ditunjuk sebagai Kassubag Reskrim Polisi Wilayah Bogor.

Pada tahun 2008,  Ferdy Sambo kembali dimutasi ke Jakarta dan menjabat sebagai Kepala Siaga Ops BiroOps Polda Metro Jaya. Pemindahan tugas lagi terjadi pada tahun 2009 saat dirinya kembali naik jabatan sebagai Kasat V Ranmor Ditreskrimum Polda Metro Jaya.

Tahun 2010, karier Ferdy Sambo melesat saat dirinya mendapatkan jabatan sebagai Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat.

Dua tahun kemudian, Ferdy Sambo mendapatkan promosi jabatan lagi sebagai Kapolres Purbalingga dan ditunjuk sebagai Kapolres Brebes pada tahun 2013. Dua tahun kemudia ia ditarik kembali ke Polda Metro Jaya sebagai Wadir Reskrimum. Ia juga pernah diangkat sebagai Kasubdit IV Dirtipidum Bareskrim Polri 3.

Jabatan terakhir yang ia jabat adalah Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan sejak 2020 hingga akhirnya ia diberhentikan dengan tidak hormat pada September 2022.(*)

Ragam

Terkini

Apakah kondisi Lesti Kejora saat ini sudah benar-benar pulih?

Entertainment | 20:48 WIB

Baim Wong dan Paula Verhoeven memenuhi penyidik Polres Metro Jakarta Selatan untuk diperiksa atas kasus konten prank laporan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT)

Entertainment | 19:52 WIB

serial drama tvN 'Little Women' telah dihapus dari Netflix untuk pemirsa di Vietnam, sebagai tanggapan atas permintaan otoritas negara tersebut

Entertainment | 19:44 WIB

Rencana Keisya Levronka berduet dengan Nabila Razali ahirnya terwujud.

Entertainment | 19:17 WIB

Rizky Billar membantah tudingan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang dilayangkan oleh Lesti Kejora

Entertainment | 18:52 WIB

Berdasarkan hasil visum yang disampaikan polisi, terdapat empat bagian tubuh Lesti Kejora yang luka memar dan bengkak

Entertainment | 17:58 WIB

Warganet angkat bicara soal klaim Yusuf Mansur menjadi komisaris Grab.

Entertainment | 17:53 WIB

Baim Wong dan Paula Verhoeven memenuhi panggilan penyidik Polres Metro Jakarta Selatan untuk diperiksa atas kasus konten prank laporan KDRT

Entertainment | 17:08 WIB

Belakangan terungkap bahwa adek Erfil ternyata masih memiliki hubungan darah dengan Rizky Billar

Entertainment | 16:45 WIB

Artis Kpop di Billboard Album Chart

Entertainment | 15:00 WIB

Idris juga mengingatkan dengan tegas lembaga ataupun perusahaan untuk selalu memperhatikan bangunan mereka agar tidak terjadi peristiwa serupa.

Metropolitan | 16:08 WIB

Kabar duka datang dari MTsN 19 Jakarta di bilangan CIlandak, Jakarta Selatan. Tiga siswa meninggal dunia akibat tertimpa tembok sekolah yang roboh karena tergerus air banjir.

Metropolitan | 15:25 WIB

Penanganan banjir menjadi salah satu pekerjaan berat yang belum selesai dikerjakan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Metropolitan | 13:05 WIB

pemberitahuan tilang hanya dikirimkan melalui pesan SMS dari sistem tilang elektronik, tidak melalui pesan WhatsApp

Metropolitan | 11:12 WIB

Pengusahan asal Batam yang dikenal sebagai Haji Permata tewas ditembak saat diburu tim Bea Cukai atas dugaan penyelundupan rokok ilegal

Metropolitan | 08:58 WIB

Hasil visum KDRT Lesti Kejora juga jadi berita pilihan hari ini.

Gosip | 22:36 WIB

Kendati begitu, Baim Wong belakangan sadar apa yang dilakukan adalah sebuah kesalahan.

Gosip | 21:27 WIB

Perempuan berusia 26 tahun itu menceritakan pengalamannya terjun di industri porno tersebut dan mengaku masih kerap merasa takut.

Gosip | 20:50 WIB

Di momen lamaran, Jess No Limit memberikan kalung pada Sisca Kohl.

Gosip | 20:31 WIB

Imbas konten prank KDRT, Baim Wong dan Paula Verhoeven dilaporkan ke Polres Jakarta Selatan.

Gosip | 20:03 WIB
Tampilkan lebih banyak