Shakira Bantah Gelapkan Pajak, Tolak Kesepakatan dan Siap Hadapi Ancaman 8 Tahun Penjara

Shakira membantah dakwaan penggelapan pajak kepada pemerintah Spanyol antara tahun 2012 dan 2014

Meiko Chan
Kamis, 22 September 2022 | 18:12 WIB
Shakira Bantah Gelapkan Pajak, Tolak Kesepakatan dan Siap Hadapi Ancaman 8 Tahun Penjara
Shakira (Instagram/@shakira)

Selebtek.suara.com - Penyanyi Shakira membantah dakwaan penggelapan pajak kepada pemerintah Spanyol antara tahun 2012 dan 2014. Ia menyebut klaim itu sebagai "tuduhan palsu."

Melansir The Hollywood Reporter, Shakira menghadapi pertempuran hukum setelah jaksa di Spanyol menuduhnya gagal membayar pajak kepada pemerintah sebesar USD 15 juta atau sekitar Rp225,3 juta antara tahun 2012 dan 2014. 

Jaksa juga mengatakan Shakira dinyatakan bersalah dan menuntutnya dengan hukuman delapan tahun penjara.

Saat sesi pemotretan untuk majalah Elle, Shakira menyinggung kasus tersebut dan menjelaskan mengapa dia memilih untuk menolak kesepakatan penyelesaian dan melawan tuduhan.

Baca Juga:Siapkan Lulusan Siap Kerja, Bogasari Bantu Kembangkan SMK Pusat Keunggulan

“Karena saya harus berjuang untuk apa yang saya yakini, karena ini tuduhan palsu,” katanya. 

Jaksa menuduh bahwa Shakira menghabiskan lebih dari separuh waktunya di Spanyol meski mendaftarkan tempat tinggal resminya di Bahama. Menurut jaksa, penyanyi itu seharusnya membayar pajak di negara itu.

“Pertama-tama, saya tidak menghabiskan 183 hari per tahun [di Spanyol] pada waktu itu sama sekali. Saya sibuk memenuhi komitmen profesional saya di seluruh dunia. Kedua, saya telah membayar semua yang mereka klaim sebagai hutang saya, bahkan sebelum mereka mengajukan gugatan. Jadi mulai hari ini, saya berutang nol kepada mereka,” kata Shakira.

Shakira [Instagram/@shakira]
Shakira (sumber: Instagram/@shakira)

Dia melanjutkan, “Dan akhirnya, saya disarankan oleh salah satu dari empat perusahaan spesialis pajak terbesar di dunia, PricewaterhouseCoopers, jadi saya yakin bahwa saya melakukan sesuatu dengan benar dan transparan sejak hari pertama.”

Shakira mencatat bahwa tanpa bukti untuk mendukung "klaim fiktif," otoritas pajak Spanyol "telah menggunakan kampanye pers yang cabul untuk mencoba mempengaruhi orang, dan menerapkan tekanan di media bersama dengan ancaman kerusakan reputasi untuk memaksa kesepakatan penyelesaian.

Baca Juga:Tiga Orang Dikabarkan Tewas dalam Kecelakaan Maut Minibus vs Angkot

Sementara di tengah pertempuran hukumnya sendiri, Shakira menunjukkan bahwa bintang-bintang lain juga menghadapi pertempuran yang sama. “Sudah diketahui bahwa otoritas pajak Spanyol sering melakukan ini tidak hanya dengan selebriti seperti saya (atau [Cristiano] Ronaldo, Neymar, [Xabi] Alonso, dan banyak lagi), itu juga terjadi secara tidak adil pada pembayar pajak biasa. Itu hanya gaya mereka. Tetapi saya yakin bahwa saya memiliki cukup bukti untuk mendukung kasus saya dan bahwa keadilan akan memenangkan saya.”

"Saya menghabiskan lebih dari 240 hari di luar Spanyol, jadi tidak mungkin saya memenuhi syarat sebagai penduduk," ungkap Shakira. 

Karena dia berkencan dengan pemain sepak bola Spanyol Gerard Piqué pada saat itu, dia memberi tahu Elle bahwa otoritas pajak Spanyol "mulai mengeluarkan air liur" dan "jelas mereka ingin mengejar uang itu apa pun yang terjadi."

“Bahkan selama beberapa tahun ke depan, saya berkeliling dunia, bekerja tanpa henti saat hamil atau dengan Milan saat masih bayi, ketika operasi caesar saya baru saja ditutup. Mereka tahu saya tidak berada di Spanyol pada waktu yang dibutuhkan, bahwa Spanyol bukan tempat kerja saya atau sumber penghasilan saya, tetapi mereka masih mengejar saya, dengan mata tertuju pada hadiahnya,” lanjutnya.

Merasa tidak bersalah, Shakira telah menolak kesepakatan pembelaan dan malah memilih untuk diadili. Dia mengatakan pergi ke pengadilan adalah "masalah prinsip."

Tidak ada informasi tentang kesepakatan yang ditawarkan jaksa pada Shakira. Tanggal persidangan juga belum ditetapkan.(*)

Sumber: The Hollywood Reporter

Entertainment

Terkini

Berdasarkan hasil visum yang disampaikan polisi, terdapat empat bagian tubuh Lesti Kejora yang luka memar dan bengkak

Entertainment | 17:58 WIB

Warganet angkat bicara soal klaim Yusuf Mansur menjadi komisaris Grab.

Entertainment | 17:53 WIB

Baim Wong dan Paula Verhoeven memenuhi panggilan penyidik Polres Metro Jakarta Selatan untuk diperiksa atas kasus konten prank laporan KDRT

Entertainment | 17:08 WIB

Belakangan terungkap bahwa adek Erfil ternyata masih memiliki hubungan darah dengan Rizky Billar

Entertainment | 16:45 WIB

Artis Kpop di Billboard Album Chart

Entertainment | 15:00 WIB

Efek kasus KDRT, gelar Gorgeous Dad ditangguhkan

Entertainment | 14:37 WIB

Xiaomi Redmi Note 11 Pro 5G bisa dibilang menjadi salah satu HP Xiaomi yang terbaik pada tahun 2022 dengan layar besar Super AMOLED.

Tekno | 13:59 WIB

Masa baju nikahannya jelong gitu ucap seorang warganet mengomentari Happy Asmara.

Entertainment | 13:24 WIB

Untuk meyakinkan para korban, BT bahkan mengaku bisa mengetahui penyakit apa yang dialami oleh pasiennya.

Ragam | 13:24 WIB

Justin Bieber memilih untuk beristirahat dari tur dan memprioritaskan kesehatannya

Entertainment | 13:17 WIB

Idris juga mengingatkan dengan tegas lembaga ataupun perusahaan untuk selalu memperhatikan bangunan mereka agar tidak terjadi peristiwa serupa.

Metropolitan | 16:08 WIB

Kabar duka datang dari MTsN 19 Jakarta di bilangan CIlandak, Jakarta Selatan. Tiga siswa meninggal dunia akibat tertimpa tembok sekolah yang roboh karena tergerus air banjir.

Metropolitan | 15:25 WIB

Penanganan banjir menjadi salah satu pekerjaan berat yang belum selesai dikerjakan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Metropolitan | 13:05 WIB

pemberitahuan tilang hanya dikirimkan melalui pesan SMS dari sistem tilang elektronik, tidak melalui pesan WhatsApp

Metropolitan | 11:12 WIB

Pengusahan asal Batam yang dikenal sebagai Haji Permata tewas ditembak saat diburu tim Bea Cukai atas dugaan penyelundupan rokok ilegal

Metropolitan | 08:58 WIB

Kendati begitu, Baim Wong belakangan sadar apa yang dilakukan adalah sebuah kesalahan.

Gosip | 21:27 WIB

Perempuan berusia 26 tahun itu menceritakan pengalamannya terjun di industri porno tersebut dan mengaku masih kerap merasa takut.

Gosip | 20:50 WIB

Di momen lamaran, Jess No Limit memberikan kalung pada Sisca Kohl.

Gosip | 20:31 WIB

Imbas konten prank KDRT, Baim Wong dan Paula Verhoeven dilaporkan ke Polres Jakarta Selatan.

Gosip | 20:03 WIB

Pernyataan pengacara Rizky Billar baru-baru ini mendapat banyak sorotan publik karena dinilai beda dengan laporan polisi yang dibuat Lesti Kejora.

Gosip | 20:03 WIB
Tampilkan lebih banyak