Bisnis Haram dan Misteri Kekayaan Ferdy Sambo

Warganet tanah air kini tengah heboh memperbincangkan pernyataan pengacara keluarga Brigadir J

Rigo Pasaribu
Kamis, 11 Agustus 2022 | 14:11 WIB
Bisnis Haram dan Misteri Kekayaan Ferdy Sambo
Pengacara ungkap kondisi psikologis istri Irjen Ferdy Sambo pasca kasus polisi tembak polisi (Suara.com)

Selebtek.suara.com - Warganet tanah air kini tengah heboh memperbincangkan pernyataan pengacara keluarga Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak yang membongkar rahasia kelam yang diduga dimiliki oleh Ferdy Sambo.

Menurut Kamaruddin Simanjuntak, Brigadir J mengetahui bisnis haram yang diduga dijalankan oleh Ferdy Sambo dan atasannya yang lain hingga soal dugaan unsur wanita.

Hal itu disampaikannya melalui kanal YouTube Refly Harun pada Kamis, 11 Agustus 2022.

Pernyataan Kamaruddin Simanjuntak itu pun menuai sorotan dari Pakar Hukum Tata Negara, Refly Harun. Menurut Refly Harun, tidak boleh seseorang merenggung nyawa orang lain apapun alasannya.

Baca Juga:Pembangunan Daerah Terdepan dan Terluar Butuh Keberpihakan Pemerintah Pusat

"Tetap saja tidak ada moral standing, tidak ada legal standing untuk menghabisi nyawa orang lain dengan alasan apapun," kata Refly Harun.

Terlebih, pembunuhan itu dilakukan oleh seorang penegak hukum seperti Ferdy Sambo.

Oleh karena itu, Alumnus Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM) itu meminta Mabes Polri untuk terbuka dalam kasus pembunuhan Brigadir J.

"Apalagi dilakukan oleh seorang penegak hukum karena itu dalam konteks ini Mabes Polri harus mau membuka seterang-terangnya," ucapnya.

"Kalau ada yang lain, selain soal domistik, misalnya tadi soal bisnis haram dan lain sebagainya harus dibuka ke publik," sambungnya.

Baca Juga:Bhabinkamtibmas Sindangkasih Berikan Pembinaan Khusus Kepada Linmas

Lebih lanjut, mantan Staf Ahli di Mahkamah Konstitusi itu mengungkapkan Propam adalah polisinya polisi dan seharusnya menjadi benteng terakhir untuk memberikan perlindungan.

Namun, Refly menyesalkan dengan yang dilakukan oleh Ferdy Sambo dalam kasus pembunuhan Brigadir J. Apalagi, jika dugaan soal bisnis haram itu benar adanya dan menilai hal tersebut sebagai hal yang aneh.

"Jangan lupa, ini Propam apalagi kepala divisinya, polisinya polisi. Benteng terakhir, tapi justru polisinya katakanlah kalo ada bisnis haram dan lain sebagainya bersemayam. Ini kan aneh bin ajaib," ungkapnya.

Sambo Kaya Secara Misterius

Ferdy Sambo kini tengah menjadi sorotan masyarakat bukan hanya terkait  terkait penembakan yang menewaskan Brigadir J tapi juga karena kekayaan yang dimilikinya selaku pejabat negara.

Banyak pihak yang mempertanyakan darimana Ferdy Sambo memiliki rumah pribadi di kawasana JL Saguling yang dekat dengan rumah dinasnya. Tak hanya itu Masyarakat pun banyak yang kritis soal keberadaan mobil mobil mewah yang sempat terlihat di garasi tempat tinggal Ferdy Sambo dalam video  yang menunjukan saat Brigadir J merayakan ulang tahun adiknya di rumah tersebut. 

Padahal sebagai pejabat negara, sudah seharusnya Ferdy Sambo menyerahkan LHKPN ke KPK. Hal ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 1999.

Namun KPK mengatakan kalau Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Ferdy Sambo 2021 belum lengkap, sehingga KPK belum merilis di situs.

Hal ini yang membuat masyarakat semakin curiga. Apakah semua itu di didapatkan lewat gaji yang diterima oleh Ferdy Sambo selaku Perwira Polisi? 

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 17 Tahun 2019  Ferdy Sambo masuk dalam aturan penetapan gaji pokok untuk Golongan IV (Perwira Tinggi). Adapun dengan pangkatnya selaku Inspektur Jenderal Polisi (Irjen), gaji Ferdy Sambo berada di kisaran Rp 3.290.500 hingga Rp 5.576.500.

Sementara berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 103 Tahun 2018 tentang Tunjangan Kinerja Pegawai Di Lingkungan Kepolisian Negara Republik Indonesia Ferdy Sambo berhak menerima tunjangan sebesar sebesar Rp 29.085.000

Jadi, besaran gaji pokok yang dapat diterima Ferdy Sambo sebesar Rp 3.393.400 - Rp 5.576.500. dengan tunjangan senilai Rp 29.085.000.

Ragam

Terkini

Apakah kondisi Lesti Kejora saat ini sudah benar-benar pulih?

Entertainment | 20:48 WIB

Baim Wong dan Paula Verhoeven memenuhi penyidik Polres Metro Jakarta Selatan untuk diperiksa atas kasus konten prank laporan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT)

Entertainment | 19:52 WIB

serial drama tvN 'Little Women' telah dihapus dari Netflix untuk pemirsa di Vietnam, sebagai tanggapan atas permintaan otoritas negara tersebut

Entertainment | 19:44 WIB

Rencana Keisya Levronka berduet dengan Nabila Razali ahirnya terwujud.

Entertainment | 19:17 WIB

Rizky Billar membantah tudingan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang dilayangkan oleh Lesti Kejora

Entertainment | 18:52 WIB

Berdasarkan hasil visum yang disampaikan polisi, terdapat empat bagian tubuh Lesti Kejora yang luka memar dan bengkak

Entertainment | 17:58 WIB

Warganet angkat bicara soal klaim Yusuf Mansur menjadi komisaris Grab.

Entertainment | 17:53 WIB

Baim Wong dan Paula Verhoeven memenuhi panggilan penyidik Polres Metro Jakarta Selatan untuk diperiksa atas kasus konten prank laporan KDRT

Entertainment | 17:08 WIB

Belakangan terungkap bahwa adek Erfil ternyata masih memiliki hubungan darah dengan Rizky Billar

Entertainment | 16:45 WIB

Artis Kpop di Billboard Album Chart

Entertainment | 15:00 WIB

Idris juga mengingatkan dengan tegas lembaga ataupun perusahaan untuk selalu memperhatikan bangunan mereka agar tidak terjadi peristiwa serupa.

Metropolitan | 16:08 WIB

Kabar duka datang dari MTsN 19 Jakarta di bilangan CIlandak, Jakarta Selatan. Tiga siswa meninggal dunia akibat tertimpa tembok sekolah yang roboh karena tergerus air banjir.

Metropolitan | 15:25 WIB

Penanganan banjir menjadi salah satu pekerjaan berat yang belum selesai dikerjakan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Metropolitan | 13:05 WIB

pemberitahuan tilang hanya dikirimkan melalui pesan SMS dari sistem tilang elektronik, tidak melalui pesan WhatsApp

Metropolitan | 11:12 WIB

Pengusahan asal Batam yang dikenal sebagai Haji Permata tewas ditembak saat diburu tim Bea Cukai atas dugaan penyelundupan rokok ilegal

Metropolitan | 08:58 WIB

Kendati begitu, Baim Wong belakangan sadar apa yang dilakukan adalah sebuah kesalahan.

Gosip | 21:27 WIB

Perempuan berusia 26 tahun itu menceritakan pengalamannya terjun di industri porno tersebut dan mengaku masih kerap merasa takut.

Gosip | 20:50 WIB

Di momen lamaran, Jess No Limit memberikan kalung pada Sisca Kohl.

Gosip | 20:31 WIB

Imbas konten prank KDRT, Baim Wong dan Paula Verhoeven dilaporkan ke Polres Jakarta Selatan.

Gosip | 20:03 WIB

Pernyataan pengacara Rizky Billar baru-baru ini mendapat banyak sorotan publik karena dinilai beda dengan laporan polisi yang dibuat Lesti Kejora.

Gosip | 20:03 WIB
Tampilkan lebih banyak