Dianggap Tindakan Terpuji, Stut Motor Ternyata Bisa Dikenakan Denda dan Sanksi Pidana

Stut Motor merupakan hal dilakukan untuk membantu seseorang kendaraanya mogok di tengah jalan. Tindakan terpuji ini ternyata bisa dikenakan denda bahkan sanksi pidana

Vicky Prasetyo
Kamis, 07 Juli 2022 | 14:10 WIB
Dianggap Tindakan Terpuji, Stut Motor Ternyata Bisa Dikenakan Denda dan Sanksi Pidana
suara.com

Selebtek.suara.com - Stut atau mendorong motor menggunakan kaki umumnya dilakukan untuk membantu seseorang yang kendaraannya sedang mogok di jalan.

Meski hal itu merupakan perilaku terpuji dan sebagai budaya tolong menolong, namun stut motor ternyata menjadi tindakan yang melanggar hukum karena termasuk kegiatan ilegal dan dapat dikenakan sanksi.

Menurut pemerhati masalah transportasi Budiyanto, pengendara yang melakukan stut motor orang lain meskipun dengan niat untuk membantu akan kena sanksi pidana berdasarkan Undang-undang No. 22 Tahun 2009.

Berdasarkan hal tersebut, dalam Pasal 287 ayat 6 tertulis pengendara sepeda motor yang kedapatan menarik atau mendorong motor lain dengan merupakan pelanggaran lalu lintas dan dapat dikenakan sanksi pidana kurungan maksimal 1 bulan atau denda maksimal Rp250.000.

Baca Juga:Nathalie Holscher Ajukan Cerai ke Sule, Netizen Salahkan Putri Delina Sampai Diserang Komentar Pedas: Happy ya?

Melalui unggahan Instagram resmi Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, lembaga pemerintah tersebut juga mengimbau masyarakat untuk tidak mendorong motor mogok lain dengan menggunakan kaki.

Lewat akun Instagram @ditjen_hubdat, tindakan stut disebut melanggar juga dapat pasal 106 Undang-undang No.22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ).

Pada ayat 1 pasal 106 dituliskan bahwa setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan wajib mengemudikan kendaraannya dengan wajar dan penuh konsentrasi.

“Apapun alasannya, stut itu tidak dibenarkan karena bisa menimbulkan terjadinya kecelakaan. Saat mendorong motor dengan satu kaki, risiko kehilangan kesimbangan sangat besar sehingga kedua motor terjatuh dan menyebabkan kecelakaan,” tulis @ditjen-hubdat dalam unggahan di Instagram terkait himbauan pelarangan stut motor.

Dilihat dari segi keselamatan jalan, tindakan stut motor dapat membahayakan orang lain karena hal tersebut umumnya dilakukan dengan kedua kendaraan saling berjajar di jalan dan salah satunya menggunakan kaki untuk mendorong dari samping.

Baca Juga:Pakar Hukum Pidana Optimistis Legalisasi Ganja Untuk Medis Bisa Terealisasi di Indonesia

Tak hanya itu, pengendara juga dikhawatirkan tidak dapat fokus saat berkendara ketika harus membebankan salah satu kakinya untuk mendorong motor yang mogok.

Oleh karena itu, untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi seluruh pengendara jalan, saat menemui motor mogok sebaiknya dibantu dengan cara ditarik dari depan seperti layaknya mobil yang menarik kendaraan mogok.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menarik motor mogok diantaranya, menggunakan tali pengikat khusus derek, kaitkan tali di bagian kepala motor yang mengikat ke arah stang, memastikan jarak antar kendaraan tidak terlalu jauh maksimal 2 meter dan berkendara dengan kecepatan rata-rata 20 km/jam.

Ragam

Terkini

Gus Samsudin kembali viral di media sosial. Namun kali ini bukan karena perseteruannya dengan Pesulap Merah.

Entertainment | 06:05 WIB

Tasyi Athasyia dikabarkan telah meng-unfollow Tasya Farasya dari Instagram pribadinya

Entertainment | 22:23 WIB

Wuling Air ev mengusung motor listrik berdaya maksimal 30 kW

Otomotif | 21:53 WIB

Pengunjung juga berkesempatan meraih benefit free merchandise hingga iPhone 13

Otomotif | 21:45 WIB

Andika Kangen Band menganggap bahwa pendidikan merupakan suatu hak yang penting, oleh karenanya ia memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang universitas.

Entertainment | 21:40 WIB

Saking tampannya, netizen menyebut wajah angga mirip dengan Kim Taehyung alias V BTS

Entertainment | 21:39 WIB

Erica Carlina dan Morgan Oey terlibat dalam satu proyek yang sama bertajuk "Srimulat: Hil yang Mustahil", keduanya diisukan cinlok.

Entertainment | 21:36 WIB

Ronny menyampaikan bahwa dirinya mendapat surat kuasa sejak Rabu

Ragam | 21:31 WIB

Menurutnya, para pemainnya mendapatkan tekanan besar dari para suporter Indonesia

Ragam | 21:25 WIB

Bintang Emon ikut mengomentari kasus Pesulap Merah yang dilaporkan ke Polres Metro Jakarta Selatan oleh para dukun

Entertainment | 19:54 WIB

Nathalie Holscher menuai cibiran karena mendapat nafkah sebesar Rp25 juta perbulan dari Sule

Entertainment | 19:18 WIB

Pesulap Merah mengaku diundang ke beberapa acara di televisi untuk dipertemukan dengan Gus Samsudin

Entertainment | 18:56 WIB

Sule dan Nathalie Holscher resmi bercerai pada Rabu (10/8/2022) lalu

Entertainment | 18:51 WIB

Pedangdut Cita Citata kini tampil berhijab. Akan tetapi, kekasih Didi Mahardika tersebut keberatan apabila keputusannya memakai hijab disebut hijrah.

Entertainment | 16:12 WIB

Pesulap Merah mengatakan apa yang dilakukannya selama ini adalah untuk edukasi masyarakat

Entertainment | 16:08 WIB
Tampilkan lebih banyak