Bertemu Jokowi, Putin Singgung Jasa Rusia kepada Indonesia pada Masa Kemerdekaan

Presiden Putin menyinggung jasa Rusia terhadap Indonesia pada masa-masa kemerdekaan. Hal ini disampaikannya saat Presiden Jokowi melakukan kunjungan ke Rusia beberapa hari lalu.

Vicky Prasetyo
Sabtu, 02 Juli 2022 | 19:00 WIB
Bertemu Jokowi, Putin Singgung Jasa Rusia kepada Indonesia pada Masa Kemerdekaan
suara.com

Selebtekno.suara.com - Pada kunjungan Presiden Jokowi ke Rusia, Vladimir Putin sempat menyinggung jasa Rusia terhadap Indonesia dalam mencapai kemerdekaan Indonesia di masa-masa dalam tekanan penjajahan.

Pada masa awal kemerdekaan Indonesia, ungkap Putin, Rusia telah banyak membantu dalam pembangunan infrastruktur. Beberapa jasa Rusia terhadap Indonesia dapat dilihat dari hubungan ekonomi sampai ke bilateralnya.

Misalnya Rusia, pada masa awal-awal Indonesia merdeka telah membantu mempermudah misi diplomatik di dunia.  Pada bulan April 1950 delegasi tingkat tinggi Indonesia tiba di Moskow untuk mengadakan pembicaraan tentang pertukaran misi diplomatik.

Pada saat itu Rusia masih bernama Uni Soviet. Pada tahun 1950 Uni Soviet mendukung keanggotaan Indonesia di PBB, tetapi tidak ada langkah praktis yang diambil untuk pertukaran misi diplomatik dan pengembangan hubungan Soviet-Indonesia pada tahun 1950 hingga 1954.

Baca Juga:Rekor Pertemuan Timnas Indonesia Vs Vietnam di Piala AFF U-19

Tahap baru dalam hubungan Soviet-Indonesia dimulai pada tahun 1952 ketika arah politik dalam negeri Indonesia berubah. Posisi kepemimpinan secara bertahap diambil oleh kekuatan sentris dan kiri dari Partai Nasionalis Indonesia (PNI). Mereka cenderung mengabaikan kebijakan luar negeri pro-Barat secara terbuka demi jalan yang lebih seimbang, benar-benar independen, dan aktif.

Kemungkinan bertukar misi diplomatik dengan Uni Soviet dimasukkan ke dalam agenda sekali lagi. Setelah Ali Sastroamidjojo, seorang pemimpin PNI sayap kiri, berkuasa pada Maret 1954, pertukaran kedutaan yang telah lama ditunggu-tunggu antara Uni Soviet dan Republik Indonesia akhirnya terjadi. Duta Besar Indonesia pertama Subandrio tiba di Moskow dan duta besar Soviet pertama D.A. Zhukov membuka misi diplomatik Soviet di Djakarta.

Zhukov, seorang diplomat Soviet yang berpengalaman, mulai menjalin hubungan pribadi yang bersahabat dengan para pemimpin negara Indonesia yang berkuasa dan orang-orang berpengaruh di kalangan politik dan sosial Indonesia. Untuk tujuan ini ia tidak hanya menggunakan diplomat kedutaan Soviet tetapi juga perwakilan budaya dan seni Soviet. Pembentukan hubungan diplomatik penuh memberikan dorongan bagi pengembangan luas kontak timbal balik aktif di bidang sains, budaya, sastra, seni dan olahraga

Ragam

Terkini

Dalam amar putusan melalui sidang putusan yang digelar secara virtual di Pengadilan Negeri Jakarta, Putra Siregar dan Rico Valentino dinyatakan bersalah

Entertainment | 23:40 WIB

Kang Daniel diperkirakan dia terinfeksi antara 15 dan 16 Agustus 2022

Entertainment | 20:55 WIB

Kembali viral cuplikan video pernyataan Zaskia Sungkar dalam acara FYP Trans 7

Entertainment | 19:00 WIB

kehidupan Bonge yang berada di jalanan membuat netizen berspekulasi bahwa Bonge suka mabuk lem

Entertainment | 18:28 WIB

Denny Sumargo mengaku ia merasa tidak nyaman dengan sang istri.

Entertainment | 18:07 WIB

Naura Ayu mengakui melakukan beberapa kesalahan di awal lagu yang dinyanyikan

Entertainment | 16:56 WIB

Frank Hutapea menceritakan ayahnya berniat bunuh diri karena merasa gagal menjadi orang sukses

Entertainment | 16:12 WIB

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan telah meresmikan galeri huni untuk semua program perumahan bernama JAKHABITAT sekaligus logonya.

Ragam | 15:52 WIB

Kabareskrim Polri Komjen pol Agus Andrianto berencana menyampaikan perkembangan terbaru dari kasus pembunuhan Brigadir J

Ragam | 15:36 WIB

Sugeng diundang untuk mendalami pernyataannya mengenai pemberitaan yang mengaitkan Ferdy Sambo dan DPR

Ragam | 15:33 WIB

Farel Prayoga berhasil membuat Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi bergoyang lantaran lagu 'Ojo Dibandingke'.

Lifestyle | 15:14 WIB

BLACKPINK akan merilis album penuh kedua berjudul 'Born Pink' pada 16 September

Entertainment | 15:07 WIB

Keduanya nampak kompak menunjukkan kebersamaan saat merayakan HUT ke-77 RI bersama dua anak mereka di Tokyo, Jepang.

Entertainment | 15:04 WIB

Sebuah video yang memperlihatkan kendaraan iring-iringan polisi yang diteriaki "Ferdy Sambo" viral.

Tekno | 14:52 WIB

publik juga dibuat penasaran dengan Pesulap Merah termasuk soal sosok pendampingnya

Entertainment | 14:46 WIB
Tampilkan lebih banyak