Jokowi Berangkat ke Rusia Temui Presiden Vladimir Putin, Bawa Pesan dari Zelenskyy

Jokowi akan kembali menggunakan kereta ke Przemysl, Polandia, untuk melanjutkan lawatan perdamaian ke Moskow, Rusia

Meiko Chan
Kamis, 30 Juni 2022 | 12:11 WIB
Jokowi Berangkat ke Rusia Temui Presiden Vladimir Putin, Bawa Pesan dari Zelenskyy
Instagram/@jokowi

Selebtek.suara.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan rombongan terbatas melanjutkan kunjungan luar negerinya ke Rusia untuk menemui Presiden Vladimir Putin.

Usai bertemu Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy di Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina, Rabu (29/6/2022) kemarin, Jokowi kembali ke Polandia sebelum melanjutkan perjalanannya ke Rusia.

Jokowi akan kembali menggunakan kereta ke Przemysl, Polandia, untuk melanjutkan lawatan perdamaian ke Moskow, Rusia.

Kunjungan Jokowi ke Ukraina dan Rusia kali ini membawa misi perdamaian. Sebagaimana diketahui kedua negara tersebut terlibat perang lantaran adanya ketegangan yang terjadi antara Rusia dengan Barat dalam hal ini NATO.

Baca Juga:8 Manfaat Kedelai Muda untuk Ibu Menyusui

Rusia disebut terusik ketika Ukraina malah lebih dekat dengan NATO.

Pada pertemuannya dengan Presiden Zelenskyy, Jokowi menyampaikan kalau kunjungannya ke Ukraina semata-mata perwujudan kepedulian masyarakat Indonesia untuk Ukraina.

Jokowi bertemu dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy di Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina, Rabu (29/6/2022) [Instagram/@jokowi]

"Saya sampaikan ke Presiden Zelenskyy bahwa kunjungan ini saya lakukan sebagai manifestasi kepedulian Indonesia terhadap situasi di Ukraina," kata Jokowi, dikutip dari Suara.com.

Jokowi kemudian menegaskan posisi Indonesia mengenai pentingnya penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah. Meskipun masih sangat sulit dicapai, ia tetap menyampaikan pentingnya penyelesaian damai dan mengatakan bahwa spirit perdamaian tidak boleh pernah luntur.

"Dalam kaitan ini, saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelenskyy untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi segera," ucapnya.

Baca Juga:Sudah Telanjur Beli, Apakah Skincare Non-BPOM Aman Digunakan?

Selanjutnya, Jokowi juga menyampaikan kepeduliannya terhadap dampak perang bagi kemanusiaan. Dengan kemampuan yang ada, rakyat dan pemerintah Indonesia berusaha memberikan kontribusi bantuan termasuk obat-obatan dan komitmen rekonstruksi rumah sakit di sekitar Kyiv.

Di samping itu, Kepala Negara menyampaikan pentingnya Ukraina bagi rantai pasok pangan dunia. Menurutnya, semua usaha harus dilakukan agar Ukraina bisa kembali melakukan ekspor bahan pangan.

"Penting bagi semua pihak untuk memberikan jaminan keamanan bagi kelancaran ekspor pangan Ukraina, termasuk melalui pelabuhan laut. Saya mendukung upaya PBB dalam hal ini," tegasnya.(*)

Sumber : Suara.com

Ragam

Terkini

Tudingan itu dilontarkan lantaran Ustaz Derry Sulaiman sempat menyampaikan soal manusia tak bisa melihat jin tanpa kehendak Allah

Entertainment | 14:20 WIB

Dokter menyarankan supaya Sunoo mengambil istirahat sejenak dari segala aktivitasnya

Entertainment | 11:35 WIB

Ada sebuah rumor yang beredar seputar rangkaian iPhone 14.

Tekno | 11:02 WIB

Namun ketika memasuki lagu "Apuse" Lyodra meneriakan kata"Papua Merdeka!" dihadapat para tamu undangan.

Entertainment | 10:39 WIB

Buat Anda penggemar game Free Fire (FF), pasti sudah tidak sabar menunggu kode redeem FF, Kamis 18 Agustus 2022, untuk ditukarkan dengan hadiah di akun milik kalian.

Tekno | 10:17 WIB

Hal ini diungkapkan Pesulap Merah di vlog Denny Darko. Bahkan perseteruannya dengan Gus Samsudin membuat sang istri menangis.

Entertainment | 10:06 WIB

BTS juga tercatat menyalip Justin Bieber sebagai menjadi artis dengan penayangan terbanyak di semua saluran resmi mereka di YouTube

Entertainment | 09:04 WIB

Lyodra Ginting mengisi acara HUT RI ke-77 di Istana Merdeka Rabu (17/8/2022)

Entertainment | 08:16 WIB

Setelah cerai dari Sule, Nathalie Holscher sering dijodoh-jodohkan dengan banyak orang.

Entertainment | 08:01 WIB

Mobile Legends (ML) menjadi salah satu game yang sangat digemari bari para gamer mobile.

Tekno | 07:41 WIB

Susan Sameh menanggapi rumor yang menyebut kepulangannya ke Mesir karena ingin rehat dari dunia hiburan usai mengalami pelecehan seksua

Entertainment | 07:19 WIB

Cuitan yang disertai unggahan tersebut membuat akun @ruhutsitompul kena semprot netizen

Entertainment | 06:26 WIB

Nathalie Holscher menggugat cerai Sule melalui sistem e-court Pengadilan Agama Cikarang pada 3 Juli 2022.

Entertainment | 21:25 WIB

Ivan gunawan merasa kehidupan pribadi Ivan Gunawan lebih menarik ketimbang perbuatan mulia seperti yang dilakukan saat ini.

Entertainment | 21:19 WIB

Di serial ini setidaknya ada dua superhero utama yang akan menunjukkan kekuatannya

Entertainment | 20:19 WIB
Tampilkan lebih banyak