Riset: Influencer Bantu Brand Bangun Lebih Banyak Koneksi dengan Konsumen

Konsumen global mempercayai iklan, opini, maupun penempatan produk dari para influencers. Menariknya, tidak semua promosi influencers dimulai dengan brand.

Timo Tim
Senin, 27 Juni 2022 | 15:28 WIB
Riset: Influencer Bantu Brand Bangun Lebih Banyak Koneksi dengan Konsumen
Erik Mclean / Unsplash

Selebtek.suara.com - Saat ini, para pemasar memiliki tugas untuk melibatkan konsumen di seluruh saluran dan platform yang semakin banyak. Tugas ini menambah tantangan para pemasar untuk membangun hubungan yang otentik dan personal dengan para konsumen.

Meskipun upaya untuk membangun brand tetap menjadi tujuan utama para pemasar global, saluran yang dapat menjangkau seluruh konsumen mungkin tidak selalu sesuai dengan budget perusahaan.

Dengan fokus pada upaya membangun brand, para pemasar harus selalu mencari cara untuk tetap menjadi top-of-mind para pembeli potensial. Untuk dapat melakukan hal ini, banyak pemasar yang menggunakan media sosial dan influencers untuk membuat koneksi yang lebih personal dan menguntungkan dengan konsumen.

Riset Nielsen mengungkapkan bahwa pemasar global berencana untuk meningkatkan pengeluaran iklan pada media sosial hingga 53 persen mulai tahun depan, lebih besar dari saluran-saluran lain.

Baca Juga:Warganet Tergocek! Hot Man Paris Jadi Trending Topic, Ternyata yang Muncul Kecintaan ARMY

Dengan media sosial menjadi saluran menguntungkan bagi para pemasaran global, dengan 64 persen dari pemasar global yang disurvei oleh Nielsen Annual Marketing Report menyatakan bahwa media sosial adalah saluran berbayar yang paling efektif.

Berdasarkan studi Nielsen Trust in Advertising 2021, 71 persen konsumen global mempercayai iklan, opini, maupun penempatan produk dari para influencers. Menariknya, tidak semua promosi influencers dimulai dengan brand.

Faktanya, beberapa influencers justru menjadi inspirasi dari kampanye-kampanye brand besar. Sebagai contoh, video Barbara Kristoffersen yang memuat hoodie Gap dengan warna yang sudah lama tidak diproduksi oleh perusahaan sejak tahun 2000 justru memunculkan hastag #brownhoodie yang viral, dengan total engagement mencapai 188,35 persen dan membuat jaket tersebut dijual pada situs-situs barang bekas dengan harga mencapai USD300.

Gap dengan cepat memanfaatkan pembicaraan organik ini untuk meningkatkan penjualan mereknya, bekerja sama dengan influencer tambahan, Gap membuat kampanye #gaphoodie yang menghasilkan lebih dari 6,5 juta penonton.

Gap juga membawa kembali warna coklat pada produk-produk dan mendapatkan sambutan meriah dari para konsumen yang dengan segera memborong hoodie tersebut.

Baca Juga:Promo Alkohol Menjurus ke SARA, GP Ansor Minta Pemilik Holywings Tampil ke Publik dan Minta Maaf

Dan semua keterlibatan konsumen dalam kampanye #brownhoodie maupun #gaphoodie itu diterjemahkan ke dalam awareness, affinity dan recall oleh brand.

Layanan Brand Impact Nielsen telah mengukur efektivitas iklan influencer di hampir 200 kampanye. Menurut hasil kuartal pertama 2022 dari penelitian ini, rata-rata 80% pemirsa iklan influencer dapat mengingat melihat brand yang ditampilkan dalam iklan.

Lebih lanjut, iklan influencer mendorong peningkatan 9 poin dalam brand affinity dan niat pembelian relatif terhadap konsumen yang tidak melihat iklan influencer.

Menyadari preferensi konsumen untuk koneksi pribadi yang dekat dengan mereka, brand sepatu Aldo bekerja sama dengan influencers yang memiliki persona mirip dengan brand mereka untuk mempromosikan kampanye di media sosial #StepIntoLove. Kampanye ini mendorong penonton untuk membuat dan berbagi video diri mereka menari bersama dengan tagar kampanye untuk mendapatkan hadiah USD5.000.

Kampanye TikTok ini mengumpulkan lebih dari 5 miliar penonton dan meningkatkan brand awareness Aldo sebesar 2.5 persen, menurut data Nielsen InfluenceScope.

Influencers dapat menjadi sarana untuk meningkatkan brand awareness untuk pemasar yang dapat mengkombinasikan persona yang tepat dengan konten dan engagement. Brand yang mampu menyesuaikan citra mereka dengan influencers yang tepat akan menjadi sumber terpercaya bagi para konsumen, dan brand tersebut akan diingat oleh konsumen ketika mereka akan berbelanja.

Lifestyle

Terkini

Deddy Corbuzier memberikan pernyataan yang mengejutkan ketika berbincang dengan pesulap merah alias Marchel Radhival.

Entertainment | 15:02 WIB

Sosok Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham) Edward Omar Sharif Hiariej kini tengah ramai menjadi perbincangan publik.

Ragam | 14:53 WIB

Mertua almarhumah Vanessa Angel sekaligus ayah dari Fujianti Utami, Haji Faisal dilirik oleh Partai Amanat Nasional (PAN)

Entertainment | 14:47 WIB

Aktor Ezra Miller kini tengah ramai menjadi bahan perbincangan publik lantaran dirinya kembali terlibat skandal

Entertainment | 14:42 WIB

Lucinta Luna telah memamerkan wajah baru setelah menjalani serangkaian operasi plastik

Entertainment | 14:37 WIB

Sikap profesionalitas dan tegas Polri serta jajarannya mendapat apresiasi dari Seknas Jokowi.

Ragam | 14:32 WIB

Warganet kini tengah menyorot soal silang pendapat di antara para menteri di Kabinet Jokowi perihal harga mie instan.

Ragam | 14:29 WIB

Pengadilan Agama Cikarang telah resmi mengajukan gugatan cerai yang dilayangkan oleh Nathalie Holscher ke Pengadilan Agama Cikarang

Entertainment | 14:19 WIB

Warganet tanah air kini tengah heboh memperbincangkan pernyataan pengacara keluarga Brigadir J

Ragam | 14:11 WIB

Lucinta Luna membagikan potret terbarunya setelah menjalani operasi

Entertainment | 14:10 WIB

Menurut kuasa hukum Sule, Bahyuni Zaili, Nathalie Holscher mendapat ....

Entertainment | 14:02 WIB

Verrel Bramasta baru-baru ini menjadi host dalam sebuah acara baru berjudul Boyd Don't Cry

Entertainment | 13:51 WIB

Penyidik juga melakukan pemeriksaan terhadap tersangka KM alias Kuwat

Ragam | 13:41 WIB

Lesti Kejora mengutarakan rasa cintanya kepada Rizky Billar

Entertainment | 13:35 WIB

Irjen Napoleon Bonaparte mengungkapkan alasan mengenai aksi kontroversialnya itu

Ragam | 13:29 WIB
Tampilkan lebih banyak