Dikit-dikit healing, Benar kah Mental Gen Z dan Milenial Mudah Rapuh?

Keterbatasan sosial dan ketidakpastian sepanjang pandemi menyebabkan banyak anak muda, mengeluhkan kejenuhan dan kecemasan.

Timo Tim
Minggu, 26 Juni 2022 | 21:28 WIB
Dikit-dikit healing, Benar kah Mental Gen Z dan Milenial Mudah Rapuh?
(instagram.com/awkarin)

Selebtek.suara.com - Sering mendengar komentar “dikit-dikit healing….?” Benar kah mental Generasi Z dan Milenial mudah rapuh? Pandemi dua tahun terakhir mengajarkan pentingnya menjaga kesehatan fisik maupun mental untuk mendapatkan hidup yang berkualitas.

Berdasarkan pengamatan tersebut, GoPlay, platform livestreaming interaktif dari Gojek, menggandeng konten kreator Karin Novilda yang juga dikenal dengan nama Awkarin, untuk berbagi kisah tentang pentingnya menjaga kesehatan mental melalui program livestreaming interaktif.

Didampingi pakar kesehatan jiwa, Awkarin akan membawakan program live show di GoPlay berjudul Teman Healing Karin Novilda di GoPlay.

Program yang  akan tayang setiap hari Rabu pukul 19.00 WIB, mulai 29 Juni hingga 20 Juli 2022 ini akan mengupas berbagai topik, seperti kesehatan mental, kecemasan, amor fati (belajar mencintai takdir), hingga perjalanan seorang penyintas bipolar. 

Baca Juga:Buntut Promo Miras Gratis, GP Ansor Bandung Geruduk dan Somasi Holywings

Berikut beberapa alasan kenapa kamu tidak ingin melewatkan program ini:

1. Anak muda rentan terhadap gangguan kesehatan mental

Keterbatasan sosial dan ketidakpastian sepanjang pandemi menyebabkan banyak anak muda, mengeluhkan kejenuhan dan kecemasan.

Hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2022 menjelaskan bahwa kecenderungan untuk lebih mudah marah, takut, dan cemas terjadi pada kelompok usia 17 hingga 30 tahun, lebih tinggi dibandingkan kelompok umur lainnya. 

Karin Novilda, konten kreator dan juga host Teman Healing Karin Novilda di GoPlay menjelaskan “Banyak anak muda yang belum tahu bahwa seiring dengan perkembangan media sosial, semakin banyak hal yang dapat mengganggu kesehatan mental Kita. Oleh karena itu, GoPlay dan saya mengajak teman-teman semua untuk lebih memperhatikan kondisi kesehatan mental yang sama pentingnya dengan menjaga kesehatan tubuh kita.”

Baca Juga:30 Orang Kader GP Ansor Bandung Geruduk Holywings Karangsari

2. Membahas kesehatan mental dalam format yang menarik, interaktif, dan edukatif

Sebagai wadah kreator lokal, GoPlay menyatakan kegembiraannya dapat berkolaborasi dengan Awkarin untuk berbagi pesan positif dengan komunitas penonton di GoPlay.

Head of Creative Development GoPlay Chicha Dipsy menjelaskan, “Topik kesehatan mental bagi anak-anak muda semakin relevan seiring derasnya informasi di media sosial dan adanya keterbatasan sosial selama pandemi. Dengan perilaku konsumsi media anak muda saat ini, beragam topik krusial dan pesan positif ini perlu dihadirkan dalam format yang menarik, inspiratif, serta edukatif sehingga dampak yang dihasilkan semakin luas.”

3. Dihadiri oleh pakar yang bisa jawab pertanyaan kamu

Pada acara ini, Awkarin akan ditemani oleh seorang dokter spesialis kedokteran jiwa dr. Myra, M.Kes, Sp.KJ.. Dokter Myra berpengalaman dan ahli dalam bidang kesehatan jiwa serta tercatat sebagai dokter jiwa di RSUD Ampana Sulawesi Tenggara, dan juga anggota dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia.

4. Berbagi cerita secara live bareng Karin

Dalam acara ini, pengguna GoPlay juga dapat membagikan pengalaman mereka dan berkesempatan untuk dibacakan ceritanya ataupun tampil secara langsung dalam sesi livestream.

Untuk berpartisipasi dalam kesempatan ini, GoPlay dan Karin menyelenggarakan serangkaian kegiatan di aplikasi GoPlay mulai 23 Juni 2022.

5. Ada berbagai fitur interaktif selama live di GoPlay

Penonton maupun kreator di GoPlay dapat memanfaatkan teknologi interaktif dalam GoPlay seperti private chat, shout out, trivia, polling, dan lainnya.

“Ragam fitur interaktif ini tak hanya memungkinkan pengguna menikmati berbagai hiburan livestream bersama dengan teman dan keluarga, tapi juga memudahkan konten kreator berinovasi dalam membuat konten yang kreatif dan interaktif. Sebagai rumah bagi kreator lokal, GoPlay berharap program ini dapat menginspirasi lebih banyak kreator di Indonesia yang berbagi pesan positif bagi anak muda melalui karya mereka,” tutup Chicha.

Lifestyle

Terkini

Partai final Piala AFF U-16 2022 digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, pada Jumat (12/8/2022)

Ragam | 07:50 WIB

Tim kuasa hukum Roy Suryo mengajukan penangguhan penahanan karena alasan kesehatan kliennya

Ragam | 07:36 WIB

Ferdy Sambo nekat menyogok LPSK demi meloloskan permohonan perlindungan yang diajukan istrinya, Putri Candrawathi

Ragam | 07:25 WIB

Terdapat banyak kode redeem, siap ditukar. Beberapa kode redeem FF, masuk kategori paling baru.

Tekno | 07:13 WIB

Kamu hanya perlu mengklaim kode redeem yang disebutkan di bawah dengan mengikuti langkah-langkah sederhana.

Tekno | 07:01 WIB

Presiden Joko Widodo meminta wartawan menanyakan kasus Brigadir Novriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J ke Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo.

Ragam | 06:31 WIB

Sebuah video lawas Ferdy Sambo saat masih berpangkat AKBP mendadak viral dan menjadi perbincangan warganet.

Ragam | 06:16 WIB

Gus Samsudin kembali viral di media sosial. Namun kali ini bukan karena perseteruannya dengan Pesulap Merah.

Entertainment | 06:05 WIB

Tasyi Athasyia dikabarkan telah meng-unfollow Tasya Farasya dari Instagram pribadinya

Entertainment | 22:23 WIB

Timsus bentukan Kapolri Jenderal Listuo Sigit Prabowo resmi menghentikan laporan kasus dugaan pelecehan seksual yang dilakukan Brigadir J

Ragam | 22:22 WIB

Dewi Wikantini adalah seorang bidan yang masuk dalam Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Depok

Ragam | 22:12 WIB

Ketua Umum DPP Parta Gerindra Prabowo Subianto secara resmi mengumumkan untuk kembali maju sebagai calon presiden

Ragam | 22:06 WIB

Wuling Air ev mengusung motor listrik berdaya maksimal 30 kW

Otomotif | 21:53 WIB

Pengunjung juga berkesempatan meraih benefit free merchandise hingga iPhone 13

Otomotif | 21:45 WIB

Andika Kangen Band menganggap bahwa pendidikan merupakan suatu hak yang penting, oleh karenanya ia memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang universitas.

Entertainment | 21:40 WIB
Tampilkan lebih banyak