Pernikahan Beda Agama: MUI Sulsel Sebut Akan Berdampak Negatif Bagi Keluarga

Islam hanya memperbolehkan lelaki muslim menikasi perempuan non muslim dengan syarat perempuan tersebut masuk Islam terlebih dulu sebelum menikah.

Muchammad Yani
Minggu, 26 Juni 2022 | 17:25 WIB
Pernikahan Beda Agama: MUI Sulsel Sebut Akan Berdampak Negatif Bagi Keluarga
suara.com

Selebtek.suara.com - Keputusan hakim Pengadilan Negeri (PN) Surabaya yang mengizinkan pernikahan beda agama masih terus dibahas oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Kali ini MUI Sulsel yang angkat bicara.

Dilansir Mui.or.id, Sabtu (25/6/2022), Sekertaris Umum MUI Sulsel Dr KH Muammar Bakry Lc MA mengingatkan jika pernikahan beda agama tidak sah dalam Islam.

Menurutnya, Islam hanya memperbolehkan lelaki muslim menikasi perempuan non muslim dengan syarat perempuan tersebut masuk Islam terlebih dulu sebelum menikah.

“Mayoritas ulama sepakat bahwa perkawinan wanita muslimah dengan lelaki non muslim hukumnya tidak sah. Adapun lelaki muslim menikah dengan perempuan non muslim maka ulama masi berbeda pendapat,” rinci Imam Besar Masjid Al Markaz Al Islami tersebut.

Baca Juga:Ketua MUI Dukung Banser Demo Holywing yang Dianggap Keterlaluan Tingkah dan Menghinanya

Muammar Bakry juga menjelaskan jika pernikahan beda agama bisa berakibat fatal bagi lingkungan keluarga. Hal itu karena setiap orang tua punya pandangan masing-masing dalam mendidik anaknya.

Selain itu masalah lain misalnya anak atau cucu non muslim tidak bisa menerima warisan dari orangtuanya meskipun garis keturunannya jelas.

Ia juga menyebut jika larangan ini sudah ada dalam Al-Quran surah Al-Baqarah ayat 221 yang artinya, "Dan janganlah kamu nikahkan orang (laki-laki) musyrik (dengan perempuan yang beriman) sebelum mereka beriman. Sungguh, hamba sahaya laki-laki yang beriman lebih baik daripada laki-laki musyrik meskipun dia menarik hatimu."

Bukan hanya itu saja, secara aturan yang ada di Indonesia, pernikahan beda agama juga dilarang. Atauran ini tertuang di UU Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan pasal 2 ayat (1)

“Perkawinan adalah sah, apabila dilakukan menurut hukum masing-masing agamanya dan kepercayaannya itu.” Dalam rumusan ini diketahui bahwa tidak ada perkawinan di luar hukum masing-masing agama dan kepercayaan.

Baca Juga:Fatwa Baru: Ada Vaksin Covid-19 yang Haram Menurut MUI, Apa Itu?

Lebih rinci lagi pada Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan”. Pasal 40 : Dilarang melangsungkan perkawinan antara seorang pria dengan seorang wanita karena keadaan tertentu, Karena wanita yang bersangkutan masih terikat satu perkawinan dengan pria lain, Seorang wanita yang masih berada dalam masa iddah dengan pria lain: dan seorang wanita yang tidak beragam Islam.

Pasal 44: “Seorang wanita Islam dilarang melangsungkan perkawina ndengan seorang pria yang tidak beragama Islam”

Peraturan lain yang melarang pernikahan beda agama diterangkan beberapa pasal dalam Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 1991 tentang Kompilasi Hukum Islam, sebagai berikut:

Pasal 4: “Perkawinan adalah sah, apabila dilakukan menurut hukum Islam sesuai dengan pasal 2 ayat (1) Undang-Undang Nomor 1Tahun 1974 tentang Perkawinan”.

Pasal 40: Dilarang melangsungkan perkawinan antara seorang pria dengan seorang wanita karena keadaan tertentu, Karena wanita yang bersangkutan masih terikat satu perkawinan dengan pria lain: Seorang wanita yang masih berada dalam masa iddah dengan pria lain, dan seorang wanita yang tidak beragam Islam.

Sumber: Mui.or.id

Ragam

Terkini

Wanita tersebut rupanya tidak perlu susah payah bekerja

Lifestyle | 12:31 WIB

Pesulap Merah dianggap telah menghina profesi dukun

Entertainment | 12:15 WIB

Kim Garam menyatakan bahwa dia tidak pernah memukul atau melakukan kekerasan

Entertainment | 11:55 WIB

Pesulap Merah dianggap terlalu berani karena kerap membongkar trik dalam dunia perdukunan

Entertainment | 11:42 WIB

Pesulap Merah menyatakan sudah menghubungi Gus Samsudin untuk melakukan pembuktian. Namun sosok yang mengaku sakti tersebut tidak membalasnya.

Entertainment | 11:38 WIB

Atta Halilintar mengakui memasang cctv di handphone istrinya, Aurel Hermansyah. Lalu apa alasannya?

Entertainment | 11:31 WIB

Gus Samsudin terlihat terus berkelit ketika ditantang oleh Denny Sumargo untuk membuktikan ilmu kebal. Terlihat Gus Samsudin tidak berani membuktikannya.

Entertainment | 11:25 WIB

Krishna Murti mengunggah potongan video saat Gus Samsudin melakukan trik pengobatan membelah kelapa

Entertainment | 11:19 WIB

Perlu kesiapan mental dan hati ketika seseorang sudah yakin dengan pasangannya

Lifestyle | 11:07 WIB

Setelah cerai, Nathalie Holscher berhak atas sejumlah aset, seperti rumah dan dua mobil mewah

Entertainment | 10:00 WIB

Gus Syam mencoba mengikuti Pesulap Merah untuk membongkar trik Gus Samsudin. Tapi usahanya ini malah membuat gelak tawa warganet.

Entertainment | 09:46 WIB

Mini album kedua aespa Girls telah terjual sebanyak 1.645.255 kopi di bulan Juli saja

Entertainment | 09:34 WIB

Masyarakat Indonesia rentan terhadap pencurian data di media sosial

Tekno | 09:22 WIB

Gus Samsudin melakukan ritual pembersihan rumah milik Denny Sumargo

Entertainment | 09:07 WIB

Bridgestone memamerkan produk-produk ban unggulannya yang sudah akrab di masyarakat Indonesia

Otomotif | 08:56 WIB
Tampilkan lebih banyak