Soal COVID-19, Luhut Binsar: Saya Saranin Booster Kalau Anda Mau Hidup Lebih Panjang

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan akan membuat kebijakan perihal vaksin booster.

Muchammad Yani
Jum'at, 24 Juni 2022 | 08:54 WIB
Soal COVID-19, Luhut Binsar: Saya Saranin Booster Kalau Anda Mau Hidup Lebih Panjang
suara.com

Selebtek.suara.com - Guna mengantisipasi mengatasi penyebaran kasus COVID-19 yang kembali terus menanjak, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan akan membuat kebijakan perihal vaksin booster.

Luhut mengatakan, ke depannya vaksin booster akan menjadi syarat yang harus dimiliki orang yang ingin melkaukan perjalanan. Kebijakan itu bisa diterapkan jika kasus COVID-19 terus meningkat hingga Juli 2022.

"Ayo mari kita semua ber-booster ria," ajak Luhut dalam puncak acara Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Lagawifest 2022 yang digelar di Lampung, dikutip dari Suara.com, Kamis (23/6/2022).

"Karena kalau Juli nanti angka (kasus COVID-19) ini masih terus naik, belum terhenti, kita akan mungkin membuat persyaratan perjalanan itu harus booster. Ini demi kita semua," lanjutnya.

Saat ini kasus COVID-19 masih bisa dikendalikan, meskipun ada kecenderungan naik karena varian omicron BA4 dan BA5. Terbukti dengan tingkat keterisian rumah sakit masih rendah 96,5 persen dibandingkan puncak kasus Omicron.

Bed occupancy ratio juga tercatat masih rendah yaitu 1,9 persen. Begitu pula tingkat kematian yang masih rendah dan positivity rate sebesar 3,3 persen, masih di bawah standar WHO sebesar 5 persen.

Menurut Luhut, COVID-19 bisa kembali naik jika masyarakat kembali abai dalam menerapkan protokol kesehatan. Bagi masyarakat yang belum mendapatkan vaksin booster, maka Luhut mengimbau agar rakyat segera mencarinya.

"Tapi saya mohon semua kita waspadai. Kita tidak ingin mengulangi kesalahan yang lalu. Presiden perintahkan kota untuk tetap hati-hati," pesan Luhut.

"Jadi yang belum booster, saya saranin booster, kalau Anda mau hidup lebih panjang lagi, walaupun itu bukan urusan kita," tandasnya.

Luhut meyakini jika vaksin booster akan sangat membantu mengurangi tekanan varian Omicron BA4 dan BA5. Wakil Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) itu pun kembali mengingatkan jika kasus COVID-19 di sejumlah negara kembali naik, termasuk Amerika Serikat hingga Singapura.

"Singapura yang dekat kita naik sangat tinggi, Malaysia juga naik sangat tinggi. Jadi saya mohon, semua harus disiplin, harus mendengarkan arahan pemerintah mengenai ini," tutur Luhut. (*)

Ragam

Terkini

Blackpink sudah bersiap comeback melalui album terbarunya berjudul Born Pink

Entertainment | 23:01 WIB

Riesca Rose tidak pernah mengaku sebagai selingkuhan Sule

Entertainment | 22:56 WIB

Single kolaborasi ini akan menjadi lagu pertama Britney Spears setelah beberapa tahun

Entertainment | 22:53 WIB

Kepulangan Nikita Willy ini tampaknya juga bertujuan untuk mendampingi Nona Willy melahirkan

Entertainment | 22:39 WIB

Siapakah sosok Olivia Newton-John sebenarnya

Entertainment | 22:33 WIB

Aurel Hermansyah resmi menjadi istri Atta Halilintar pada usia 22 tahun

Entertainment | 22:30 WIB

Gus Samsudin mengatakan ia akan menemui seseorang di Jakarta untuk melakukan pembuktian

Entertainment | 21:59 WIB

Artis Marshanda mengumumkan kabar bahagia. Tumor payudara yang selama ini diidapnya kini nyaris menghilang.

Entertainment | 20:51 WIB

Kata kematian bintang film Grease dibagikan langsung oleh sang suami, John Easterling.

Entertainment | 20:45 WIB

Serigala Terakhir 2 masih berkisah di seputar karakter Alex yang kembali diperankan Abimana Aryasatya sebagai tokoh utama.

Entertainment | 20:27 WIB

Baru-baru ini, penyanyi sekaligus kekasih dari Rizky Febian, Mahalini Raharja sampaikan pesan kepada sang kekasih di konser Kata Cinta Intimite Concert.

Entertainment | 20:14 WIB

Kapolri menyebut Ferdy Sambo memerintahkan Bharada E untuk menembak Brigadir J

Ragam | 20:04 WIB

Razman Arif Nasution telah memenuhi panggilan polisi atas laporan yang dilayangkan oleh Hotman Paris Hutapea.

Entertainment | 19:56 WIB

Ferdy Sambo resmi ditetapkan sebagai tersangka kasus penembakan Brigadir J

Ragam | 19:39 WIB

Wisatawan asal china mengalami kecelakaan saat mendaki hingga tidak bisa berjalan

Ragam | 19:35 WIB
Tampilkan lebih banyak