Tidak Diwajibkan Berhijab, Wanita Arab Saudi Ramai-Ramai Potong Rambut Pendek

Potongan rambut pendek kini menjadi populer bagi wanita Arab Saudi.

Vicky Prasetyo
Jum'at, 24 Juni 2022 | 15:03 WIB
Tidak Diwajibkan Berhijab, Wanita Arab Saudi Ramai-Ramai Potong Rambut Pendek
suara.com

Selebtek.suara.com -Saudi Arabia kini tidak mewajibkan para perempuan untuk mengenakan hijab di tempat umum. Hal tersebut menyebabkan tren baru. 

Para perempuan di sana ramai-ramai memakai model rambut pendek. Tren rambut pendek ini banyak terlihat pada wanita-wanita di jalanan ibu kota Riyadh.

Gaya rambut pendek ini semakin populer di kalangan perempuan pekerja di Saudi yang konservatif. Hal ini semakin banyak perempuan yang bergabung dengan angkatan kerja,. Upaya ini dilakukan pemerintah  Arab Saudi untuk membangun kembali ekonomi Saudi.

Salah satunya Safi, seorang dokter yang baru saja mendapatkan pekerjaan di sebuah rumah sakit di Riyadh. Ia memutuskan untuk berpenampilan baru bagi dirinya dengan memotong rambutnya yang panjang bergelombang menjadi sangat pendek hingga ke leher, seperti dilansir AFP, Jumat (24/6/2022).

"Orang suka melihat feminitas dalam penampilan perempuan," katanya sebagaimana dilansir AFP. "Gaya ini seakan menjadi perisai bagi saya dari orang-orang dan memberi saya kekuatan."

Di salah satu salon di pusat kota Riyadh, permintaan untuk potongan rambut "boy" telah melonjak. Lamis, seorang penata rambut mengatakan bahwa tujuh atau delapan orang dari 30 pelanggan memintanya potongan rambut “boy” di hari-hari tertentu.

"Tampilan ini menjadi sangat populer sekarang," katanya. "Permintaannya meningkat, terutama setelah perempuan memasuki pasar tenaga kerja.

"Fakta bahwa banyak wanita tidak mengenakan jilbab telah menyoroti penyebarannya" sambil mendorong lebih banyak pelanggan untuk mencobanya, terutama wanita di akhir usia belasan dan dua puluhan, katanya.

Pencabutan persyaratan jilbab hanyalah salah satu dari banyak perubahan yang telah menata ulang kehidupan sehari-hari bagi wanita Saudi di bawah Pangeran Mohammed bin Salman. Wanita Saudi tidak lagi dilarang dari konser dan acara olahraga, dan pada 2018 mereka mendapatkan hak untuk mengemudi. (*)

Lifestyle

Terkini

Baru-baru ini ia kembali membuat iri netizen lantaran unggahan video yang diunggahnya di Instagramnya

Entertainment | 21:00 WIB

DP adalah serial Netflix tentang pasukan militer khusus yang dikirim untuk mengejar desertir

Entertainment | 20:19 WIB

Dari hasil penyidikan tersebut Putri Candrawathi ditetapkan sebagai tersangka kasus pembunuhan Brigadir J

Ragam | 18:23 WIB

Ia pun kini masih melakukan safari politik kebeberapa partai.

Ragam | 18:06 WIB

BLACKPINK meluncurkan single terbaru mereka yang telah lama dinanti "Pink Venom" hari ini, Jumat (19/8/2022) pukul 13.00 KST

Entertainment | 17:55 WIB

Sertifikat tanah tersebut diserahkan langsung oleh Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto kepada Mendikbudristek Nadiem Makarim

Ragam | 17:41 WIB

Video klip "Pink Venom" BLACKPINK dirilis pada hari ini, Jumat (19/8/2022) pukul 13.00 KST

Entertainment | 17:37 WIB

Ia adalah orang kelima yang menjadi tersangka.

Ragam | 17:36 WIB

Putri Candrawathi ditetapkan sebagai tersangka kasus pembunuhan Brigadir J

Ragam | 17:34 WIB

Ketua Persatuan Dukun Nusantara (Perdunu) Abdul Fatah Hasan meminta Gus Samsudin untuk jujur dengan trik yang ia lakukan ke pengikutnya.

Entertainment | 16:57 WIB

Putri terkena pasal yang sama dengan Bharada E yakni Pasal 340 Subsider 338 Juncto Pasal 55 Juncto Pasal 56 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara.

Ragam | 15:34 WIB

Penetapan ini membuat istri mantan Kepala Divisi Propam Polri Irjen Ferdy Sambo itu sebagai tersangka kelima dalam kasus pembunuhan berencana Brigadir J.

Ragam | 15:07 WIB

Hubungan adik dari Atta Halilintar, Thariq Halilintar dengan adik dari mending Bibi Ardiansyah, Fujianti Utami mendapat dukungan dari banyak warganet.

Entertainment | 14:48 WIB

Gugatan yang didaftarkan oleh Anofial Asmid masuk dengan nomor 75/Pdt.Sus-HKI/Merek/2022/PN Niaga Jkt.Pst.

Entertainment | 14:44 WIB

Adapun untuk hadiah yang bisa kalian dapatkan yakni Primogems, three heros wit, Mora, five fine echancement dan masih banyak lagi.

Tekno | 14:39 WIB
Tampilkan lebih banyak