Keren! Kawasan Wisata Telaga Sarangan Bakal Pakai Bus Listrik

Kendaraan listik dianggap sebagai modern yang ramah lingkungan.

Muchammad Yani
Selasa, 21 Juni 2022 | 19:54 WIB
Keren! Kawasan Wisata Telaga Sarangan Bakal Pakai Bus Listrik
Antara

Selebtek.suara.com - Kendaraan listik dianggap sebagai modern yang ramah lingkungan. Hal itu yang membuat banyak negara mencoba beralih dari kendaraan berbasis bahan bakar konfensional ke listrik. Salah satunya Indonesia.

Dilansir dari Antara, pemerintah Kabupaten atau Pemkab Magetan, Jawa Timur mengajak PT Industri Kereta Api (Persero) atau PT INKA (Persero) untuk mengembangkan transportasi ramah lingkungan berbasis listrik di kawasan wisata Telaga Sarangan.

Menjelang akhir pekan lalu (17/6/2022), Bupati Magetan Suprawoto menjelaskan tentang ajakan kerjasama ini. Ia menjelaskan ingin mewujidkan konsep wisata hijau dengan transportasi massal ramah lingkungan yang mampu mengerem dampak perubahan iklim.

"Kegiatan ini bertujuan mencari masukan dari PT INKA yang berkaitan dengan transportasi massal ramah lingkungan. Konsepnya adalah kendaraan listrik karena tema yang ingin dikembangkan adalah "Green Tourism" atau wisata ramah lingkungan di kawasan Telaga Sarangan Magetan," kata Bupati Magetan Suprawoto saat melakukan audensi dengan PT INKA di Magetan.

Selain itu, Pemkab Magetan ingin keberadaan trasportasi massal bisa mengurangi tingkat kepadatan atau kemacetan di kawasan wisata Telaga Sarangan yang selama sering terjadi.

"Selama ini kawasan Telaga Sarangan sudah tidak memperbolehkan kendaraan masuk. Untuk itu kami membutuhkan kendaraan alternatif untuk wisatawan saat berada di tempat wisata. Kami minta masukan dari INKA yang telah berpengalaman," jelas Bupati Suprawoto.

Di tempat yang sama, Direktur Pengembangan PT INKA (Persero) Agung Sedaju menyambut baik wacana Pemkab Magetan ini. Ia menyarankan untuk menggunakan perahu dengan berbasis baterai dan listrik di wilayah tersebut.

"Untuk mengurangi kondisi polusi di kawasan Sarangan, kami menyarankan transportasi yang diterapkan di sana adalah perahu dengan berbasis baterai dan listrik. Di mana pengelola perahu tidak perlu lagi menggunakan bahan bakar yang bersubsidi atau berpolusi serta biayanya juga murah," kata Agung Sedaju.

Selain itu, lanjutnya, Bupati Magetan juga ingin kawasan Telaga Sarangan terbebas dari macet dan kendaraan berpolusi. Dengan demikian, lokasi harus steril dari kendaraan pribadi.

Sisi lain, Pemkab Magetan tentu harus menyediakan transportasi wisata ramah lingkungan untuk mengakomodasi wisatawan dari hotel menuju lokasi-lokasi wisata yang ingin dituju.

"Dari kondisi itu, maka INKA menyarankan penggunaan bus listrik atau mobil listrik yang bisa digunakan di dalam kawasan Telaga Sarangan. Bukan kereta api karena medannya naik dan turun. Juga bukan kereta gantung yang terlalu mahal biayanya dan secara ekonomi belum layak. Karena semua itu disesuaikan dengan kemampuan APBD," tukas Agung Sedaju.

Ia menambahkan kegiatan audensi masih tahap awal. Setelah ini diperlukan banyak komunikasi lebih lanjut guna mengembangkan transportasi wisata bertenaga listrik di kawasan Sarangan sesuai kemampuan yang dimiliki INKA. (*)

Otomotif

Terkini

Para pemain akan diajak masuk ke dalam Corouland, sebuah tempat di Other World

Tekno | 17:32 WIB

Irjen Napoleon Bonaparte turut mengomentari kasus pembunuhan Brigadir J

Ragam | 17:02 WIB

Kamaruddin membuat status pada akun Facebook pribadinya setelah pihak kepolisian merilis kasus tersebut

Ragam | 16:31 WIB

Kurma, salah satu ikon Citayam Fashion Week (CFW) kini sering diundang ke berbagai podcast dan program YouTube.

Entertainment | 15:37 WIB

Hubungan Jonatha Frizzy dan Dhena Devanka kembali memanas.

Entertainment | 15:23 WIB

Anggota BLACKPINK memamerkan beberapa perubahan rambut yang menarik

Entertainment | 15:20 WIB

Deddy Corbuzier memberikan pernyataan yang mengejutkan ketika berbincang dengan pesulap merah alias Marchel Radhival.

Entertainment | 15:02 WIB

Sosok Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham) Edward Omar Sharif Hiariej kini tengah ramai menjadi perbincangan publik.

Ragam | 14:53 WIB

Mertua almarhumah Vanessa Angel sekaligus ayah dari Fujianti Utami, Haji Faisal dilirik oleh Partai Amanat Nasional (PAN)

Entertainment | 14:47 WIB

Aktor Ezra Miller kini tengah ramai menjadi bahan perbincangan publik lantaran dirinya kembali terlibat skandal

Entertainment | 14:42 WIB

Lucinta Luna telah memamerkan wajah baru setelah menjalani serangkaian operasi plastik

Entertainment | 14:37 WIB

Sikap profesionalitas dan tegas Polri serta jajarannya mendapat apresiasi dari Seknas Jokowi.

Ragam | 14:32 WIB

Warganet kini tengah menyorot soal silang pendapat di antara para menteri di Kabinet Jokowi perihal harga mie instan.

Ragam | 14:29 WIB

Pengadilan Agama Cikarang telah resmi mengajukan gugatan cerai yang dilayangkan oleh Nathalie Holscher ke Pengadilan Agama Cikarang

Entertainment | 14:19 WIB

Warganet tanah air kini tengah heboh memperbincangkan pernyataan pengacara keluarga Brigadir J

Ragam | 14:11 WIB
Tampilkan lebih banyak