Kualitas Udara Jakarta Buruk, Ini Kata BMKG

Beberapa hari ini kondisi udara Jakarta dinyatakan buruk oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Muchammad Yani
Minggu, 19 Juni 2022 | 08:29 WIB
Kualitas Udara Jakarta Buruk, Ini Kata BMKG
suara.com

Selebtek.suara.com - Beberapa hari ini kondisi udara Jakarta dinyatakan buruk oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Para masyarakat pun diminta untuk mengenakan masker ketika ke luar rumah agar terjangkit penyakit. Kondisi buruknya udara Jakarta juga bisa dilihat dengan kasat mata.

Plt. Deputi Bidang Klimatologi BMKG Urip Haryoko menjelaskan ada sejumlah faktor yang memengaruhi kondisi udara Jakarta belakangan ini. Pada beberapa hari terakhir PM2.5 mengalami lonjakan peningkatan konsentrasi dan tertinggi berada pada level 148 µg/m3. PM2.5 dengan konsentrasi ini dapat dikategorikan kualitas udara tidak sehat.

"Tingginya konsentrasi PM2.5 dibandingkan hari-hari sebelumnya juga dapat terlihat saat kondisi udara di Jakarta secara kasat mata terlihat cukup pekat/gelap," kata Urip dalam keterangan tertulisnya seperti dilansir Suara.com, Sabtu (19/6/2022).

PM2.5 merupakan salah satu polutan udara berwujud partikel ukuran yang sangat kecil, tidak lebih dari 2,5 µm (mikrometer). Ukuran yang super kecil ini menyebabkan PM2.5 bisa masuk ke saluran pernapasan. Pada akhirnya menyebabkan gangguan infeksi saluran pernapasan dan gangguan pada paru-paru.

Bukan hanya itu, PM2.5 mampu menembus jaringan peredaran darah dan terbawa oleh darah ke seluruh tubuh. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya gangguan kardiovaskular seperti penyakit jantung koroner.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan konsentrasi PM2.5 di Jakarta, antara lain emisi dari sumber lokal, seperti transportasi dan residensial, maupun dari sumber regional dari kawasan industri dekat dengan Jakarta. 

Emisi tersebut dalam kondisi tertentu yang dipengaruhi oleh parameter meteorologi dapat terakumulasi sehingga menyebabkan peningkatan konsentrasi yang terukur pada alat monitoring pengukuran konsentrasi PM2.5.

Selain itu, proses pergerakan polutan udara seperti PM2.5 dipengaruhi oleh pola angin yang bergerak dari satu lokasi ke lokasi yang lain. Angin yang membawa PM2.5 dari sumber emisi dapat bergerak menuju lokasi lain sehingga menyebabkan terjadinya potensi peningkatan konsentrasi PM2.5.

"Pola angin lapisan permukaan memperlihatkan pergerakan massa udara dari arah timur dan timur laut yang menuju Jakarta, dan memberikan dampak terhadap akumulasi konsentrasi PM2.5 di wilayah ini," kata dia.

Faktor lainnya yang mempengaruhi peningkatan PM2.5 yakni tingginya kelembapan udara relatif menyebabkan peningkatan proses adsorpsi (perubahan wujud dari gas menjadi partikel). Proses ini menyebabkan terjadinya peningkatan konsentrasi PM2.5 yang difasilitasi oleh kadar air di udara.

Selain itu, kelembapan udara relatif yang tinggi dapat menyebabkan munculnya lapisan inversi yang dekat dengan permukaan. Lapisan inversi merupakan lapisan di udara yang ditandai dengan peningkatan suhu udara yang seiring dengan peningkatan ketinggian lapisan.

"Dampak dari keberadaan lapisan inversi menyebabkan PM2.5 yang ada di permukaan menjadi tertahan, tidak dapat bergerak ke lapisan udara lain, dan mengakibatkan akumulasi konsentrasinya yang terukur di alat monitoring," kata dia.

Menurutnya, peningkatan konsentrasi PM2.5 bisa berdampak pada penurunan kualitas udara di Jakarta. Pada akhirnya memberikan pengaruh negatif pada individu yang memiliki riwayat terhadap gangguan saluran pernapasan dan kardiovaskuler.

"Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk dapat mengurangi aktivitas di luar ruangan dan menggunakan pelindung diri seperti masker yang sesuai untuk dapat mengurangi tingkat paparan terhadap polutan udara," kata dia.

Ragam

Terkini

Perilaku klepto termasuk gangguan kesehatan mental yang langka

Lifestyle | 18:42 WIB

Nikita Mirzani mengaku ingin bertemu dengan pelapornya yakni Dito Mahendra

Entertainment | 18:19 WIB

Viral aksi pencurian yang dilakukan oleh seorang konsumen Alfamart

Entertainment | 18:15 WIB

Laporan ini didaftarkan langsung oleh anak Hotman Paris, Frank Hutapea ke Polres Tangerang Selatan pada Senin (15/8/2022).

Tekno | 17:56 WIB

Ada kesamaan antara properti syuting yang terlihat di video klip "Forever 1" Girls' Generation dan logo ulang tahun ke-15 untuk taman hiburan 'Tokyo DisneySea'

Entertainment | 17:41 WIB

Perseteruan Pesulap Merah alias Marcel Radival dengan Gus Samsudin Jadad masih terus berlangsung.

Entertainment | 17:30 WIB

Kasus pencurian beberapa cokelat di sebuah Alfamart di kawasan BSD menarik perhaian publik.

Entertainment | 17:09 WIB

Paniel yang merupakan member BTOB dikabarkan akan hiatus untuk beberapa waktu ke depan.

Entertainment | 16:49 WIB

Ria Ricis dan Teuku Ryan telah dikaruniai anak pertama berjenis kelamin perempuan yang diberi nama Cut Raifa Aramoana

Entertainment | 16:44 WIB

Lucinta Luna Belakangan ini terang-terangan mengungkapkan jika hasil operasi hidungnya hampir jebol.

Entertainment | 16:39 WIB

Pasangan Ria Ricis dan Teuku Ryan mulai memperbolehkan rekan-rekannya untuk bertamu ke rumah karena usia baby Moana sudah memasuki 3 minggu.

Entertainment | 16:34 WIB

Bharada E atau Richard Eliezer Pudihang Lumia disebut oleh anak-anak Tiktok memiliki kemiripan dengan Jeffri Nichol

Lifestyle | 16:11 WIB

Pihak Alfamart telah menunjuk Hotman Paris untuk menjadi kuasa hukum karyawannya

Entertainment | 16:07 WIB

Tebet Eco Park kembali dibuka hari ini oleh Pemprov DKI. Berikut tata cara masuknya.

Lifestyle | 16:06 WIB

Publik figur yang dikenal sebagai indigo tersebut bahkan harus minum obat seumur hidup atas vonis ini.

Entertainment | 15:14 WIB
Tampilkan lebih banyak