Hati-hati! BMKG Prediksi Adanya Gelombang Tinggi di Jabar Hingga Jateng

Potensi ini berlangsung selama tiga hari mulai Jumat 17 Juni 2022.

Muchammad Yani
Jum'at, 17 Juni 2022 | 12:06 WIB
Hati-hati! BMKG Prediksi Adanya Gelombang Tinggi di Jabar Hingga Jateng
suara.com

Selebtek.suara.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melihat tanda-tanda gelombang tinggi 2,5 hingga 5 meter di pesisir selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Potensi ini berlangsung selama tiga hari mulai Jumat 17 Juni 2022.

"Berdasarkan analisis cuaca, tinggi gelombang 2,5-4 meter yang masuk kategori tinggi berpotensi terjadi hingga hari Minggu (19/6/2022) di wilayah perairan selatan Jabar-DIY maupun Samudra Hindia selatan Jabar-DIY," kata Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo dikutip dari ANTARA di Cilacap, Jateng, Jumat (17/6/2022).

Pengamatan BMKG menyimpulkan tinggi gelombang di Samudra Hindia selatan Jabar-DIY atau laut lepas pada Sabtu (18/6) malam hingga Minggu (19/6) petang diprakirakan berkisar 4-6 meter yang masuk kategori sangat tinggi.

Sementara gelombang di perairan selatan Jabar-DIY atau kawasan pantai pada periode Sabtu (18/6) malam hingga Minggu (19/6) petang diprakirakan berkisar 2,5-4 meter atau masuk kategori tinggi. Mayarakat pun diimbau untuk waspada atas potensi berbahaya ini, terutama bagi yang tinggal di daerah pesisir.

"Kami telah mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di perairan selatan Jabar-DIY dan Samudra Hindia selatan Jabar-DIY tersebut, sehingga masyarakat khususnya pengguna jasa kelautan diimbau untuk tetap waspada," katanya.

Peningkatan gelombang tinggi ini dipengaruhi pola angin yang bertiup dari timur laut hingga barat laut dengan kecepatan 2020 knot. tiupan angin ini searah dengan kecepatan tinggi dapat memicu terjadinya gelombang tinggi di wilayah perairan maupun samudra.

Terkait dengan kondisi cuaca di wilayah perairan selatan Jabar-DIY dan Samudra Hindia selatan Jabar-DIY, Teguh menjelaskan secara umum diprakirakan berawan hingga berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang.

"Sementara kondisi cuaca di wilayah Jawa Tengah pada hari Jumat, berdasarkan prakiraan cuaca yang dikeluarkan BMKG Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang secara umum diprakirakan berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat," kata dia. (*)

Lifestyle

Terkini

Raisa diketahui merupakan salah satu artis yang tak pernah umbar wajah sang anak.

Entertainment | 16:01 WIB

Soal kabar kedekatan Kedekatan hubungan antara penyanyi Ariel Noah dan Bunga Citra Lestari (BCL) selalu menarik perhatian publik.

Entertainment | 15:51 WIB

Deddy Corbuzier memberikan perlakuan berbeda ke dirinya dan ke Azka. Seperti apa? Simak ulasannya berikut ini.

Entertainment | 15:37 WIB

Di balik ketenaran komedian Sule, banyak pihak yang berspekulasi yang menyebut dirinya menggunakan jimat

Entertainment | 15:30 WIB

Hotman Paris masuk UGD lantaran matanya mendadak bengkak

Entertainment | 13:24 WIB

Pasutri asal Gianyar yang menjual video porno hubungan seksual mereka telah memiliki ribuan pengikut di Twitter.

Ragam | 13:23 WIB

Aksi oknum PPSU yang berlaku kasar hingga menabrakkan motornya kepada kekasihnya ternyata berujung damai. Hal ini sontak membuat warganet geram.

Ragam | 13:15 WIB

Keluarga Brigadir J meminta kepada Putri Candrawathi agar bicara jujur pasca penetapan suaminya sebagai tersangka.

Ragam | 13:05 WIB

Harta kekayaan Ferdy Sambo dipernyatakan oleh publik. Karena banyak yang menyaksikan deretan mobil mewah terparkir di garasi rumahnya

Ragam | 12:58 WIB

Ketua Harian Kompolnas Benny Mamoto mengatakan tidak ada kejanggalan dalam kasus Brigadir J. Hal ini membuat warganet mendesak dirinya mengundurkan diri.

Entertainment | 12:54 WIB

Prilly Latuconsina merasakan stres berat akibat mendapat tekanan dari publik

Entertainment | 12:33 WIB

Pesulap Merah mengutarakan penjelasan ilmiah soal fenomena ada benda tak wajar di dalam tubuh seseorang

Entertainment | 12:17 WIB

Konser solo kedua NCT Dream, 'The Dream Show 2: In A Dream' di Seoul akan kembali digelar

Entertainment | 12:11 WIB

Prilly Latuconsina menceritakan bahwa dirinya stres dan ingin mengakhiri hidupnya

Entertainment | 11:40 WIB

Kemunculan Putri Candrawathi yang mengenakan masker mengundang perhatian publik

Ragam | 11:26 WIB
Tampilkan lebih banyak