Manusia bisa hidup di Mars: Wahana Zhurong Tiongkok Temukan Air yang Lebih Muda

Penelitian mengenai dunia luar akan selalu menarik perhatian.

Muchammad Yani
Rabu, 25 Mei 2022 | 21:03 WIB
Manusia bisa hidup di Mars:  Wahana Zhurong Tiongkok Temukan Air yang Lebih Muda
suara.com

Selebtek.suara.com - Penelitian mengenai dunia luar akan selalu menarik perhatian. Imajinasi pergi ke sebuah planet dan tinggal di planet tersebut jadi mimpi sebagian anak-anak. Mimpi tersebut dijaga selalu dengan hadirnya karya fiksi mengenai adanya kehidupan selain di bumi. Beranjak dewasa, imajinasi tersebut menjadi ilmiah dengan rujukan dan bacaan berbagai hasil penelitian yang dilakukan oleh lembaga-lembaga penelitian antariksa, baik lembaga antariksa mandiri sebuah negara  seperi NASA, CNSA, Roscosmos, CNES atau pun yang dibentuk oleh konsorsium beberapa negara.

Jauhnya jarak antar planet dan masih terbatasnya teknologi pesawat ruang angkasa menjadikan obyek penelitian para lembaga tersebut masih terbatas. Planet Merah tersebut bernama Mars, sebuah planet tetangga terdekat bumi yang dianggap memiliki karakteristik cukup mirip dengan bumi adalah obyek paling mungkin diteliti. Jarak terdekat Mars dengan bumi sekitar 54,6 juta Km, sedangkan jarak terjauhnya 401 juta Km. Jika Mars sebegitu jauhnya berapakah waktu yang diperlukan Dilan untuk bertemu dengan Milea ?

Waktu yang diperlukan untuk sampai ke Mars sudah jadi perhatian para ahli sejak lama. Menurut Profesor David P. Stern berdasarkan skema Hohmann Transfer Orbit menggunakan rumusan Hukum Kepler tentang gerak planet di Tata Surya. Menurut perhitungannya, Mars dapat dicapai dengan waktu 0,709 tahun atau 8,5 bulan. Sedangkan Elon Musk Konglomerat Jenius sudah memasarkan perjalanan ke Mars dengan menggunakan pesawat SpaceX, perhitungan perjalanan selama 80 hari yang konon bisa dipersingkat menjadi 30 hari. Tentunya hal ini tidak masuk akal jika anda termasuk ke dalam golongan yang mempercayai bumi datar. 

Sebenarnya apa yang dicari? apabila jawabannya kehidupan, maka unsur utama kehidupan adalah air. Tubuh manusia dewasa terdiri dari 70% air dan berubah sesuai umur. Begitu pula dengan hewan dan tumbuhan. Maka untuk menemukan bukti kehidupan atau bisa hidup di suatu planet hal yang pertama harus ditemukan adalah air. Kabar gembiranya adalah sebuah rover Cina bernama Zhurong telah  menemukan bukti  bahwa ada air cair di Mars.

Seperti dikutip dari www.bigthink.com Air cair di Mars:  Berdasarkan penelitian sebelumnya, para ilmuwan percaya ada air cair di Mars hingga sekitar 3 miliar tahun yang lalu — titik di mana zaman "Amazon" kering di planet ini dimulai dan era geologis sebelumnya (zaman "Hesperian" ) berakhir. Setelah mendarat di Mars  pada Mei 2021, penjelajah Zhurong China mulai mengumpulkan data sampel tanah. Ketika peneliti dari CAS dan Universitas Kopenhagen menganalisis beberapa data itu, mereka menemukan bukti air dalam sampel yang baru berusia 700 juta tahun. Tiga Milyar tahun ke 700 tahun memangkas garis waktu dan menguatkan harapan. 

Air yang terhidrasi dalam sampel mineral dan batuan menjadi secercah harapan bahwa Air dapat diproduksi di Mars. Mungkin Langkah ini masih jauh, namun pada akhirnya menjadi relative Ketika sejarah mencatat perkembangan teknologi yang begitu cepat melaju selama 100 tahun ini. Mengekstrasi air sekaligus menyiapkan oksigen. Seperti yang kita tahu air berumus Kimia Hidrogen dan Oksigen. Hidrogen dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk menggerakan mesin-mesin penunjang kehidupan dan pesawat. Oksigen diperlukan untuk manusia dan mahluk hidup yang akan mendiami Mars di masa yang akan datang. 

Masa depan adalah imajinasi, menjadikannya fakta merupakan tugas para ilmuwan. Hari ini dan hari-hari kedepan para ahli merumuskan pengetahuan sejarah perkembangan air di Mars, berapa jumlah air yang terhidrasi, meyiapkan teknologi untuk mengekstraknya. Imajinasi koloni-koloni manusia penghuni Planet merah ini sepertinya akan menguat menjadi semakin jernih di abad-abad ini. Bagaimana pun selain air, ada mineral tambang yang bisa dihasilkan di planet ini. Hari ini kita membahas berapa air yang mungkin dihasilkan di Mars berbarengan dengan ketakutan para ahli dimana ketersediaan air bersih di bumi semakin sulit dan mahal. 

Penulis adalah Guru Bahasa Sunda, Pendiri Gerakan Cisadane Resik, Direktur Pakwan Institute

Lifestyle

Terkini

Mertua almarhumah Vanessa Angel sekaligus ayah dari Fujianti Utami, Haji Faisal dilirik oleh Partai Amanat Nasional (PAN)

Entertainment | 14:47 WIB

Aktor Ezra Miller kini tengah ramai menjadi bahan perbincangan publik lantaran dirinya kembali terlibat skandal

Entertainment | 14:42 WIB

Lucinta Luna telah memamerkan wajah baru setelah menjalani serangkaian operasi plastik

Entertainment | 14:37 WIB

Sikap profesionalitas dan tegas Polri serta jajarannya mendapat apresiasi dari Seknas Jokowi.

Ragam | 14:32 WIB

Warganet kini tengah menyorot soal silang pendapat di antara para menteri di Kabinet Jokowi perihal harga mie instan.

Ragam | 14:29 WIB

Pengadilan Agama Cikarang telah resmi mengajukan gugatan cerai yang dilayangkan oleh Nathalie Holscher ke Pengadilan Agama Cikarang

Entertainment | 14:19 WIB

Warganet tanah air kini tengah heboh memperbincangkan pernyataan pengacara keluarga Brigadir J

Ragam | 14:11 WIB

Lucinta Luna membagikan potret terbarunya setelah menjalani operasi

Entertainment | 14:10 WIB

Menurut kuasa hukum Sule, Bahyuni Zaili, Nathalie Holscher mendapat ....

Entertainment | 14:02 WIB

Verrel Bramasta baru-baru ini menjadi host dalam sebuah acara baru berjudul Boyd Don't Cry

Entertainment | 13:51 WIB

Penyidik juga melakukan pemeriksaan terhadap tersangka KM alias Kuwat

Ragam | 13:41 WIB

Lesti Kejora mengutarakan rasa cintanya kepada Rizky Billar

Entertainment | 13:35 WIB

Irjen Napoleon Bonaparte mengungkapkan alasan mengenai aksi kontroversialnya itu

Ragam | 13:29 WIB

Jessica Iskandar mengutarakan masalahnya kepada Gus Samsudin yang santer dengan ilmu mistiknya

Entertainment | 13:24 WIB

Edy Purwadi mengaku mengagumi Jokowi hingga ingin memberikan hadiah mutira melo oranye

Ragam | 13:19 WIB
Tampilkan lebih banyak