Kasus Covid-19 Naik, DPR Minta Pemerintah Awasi Kegiatan Berskala Besar

Kasus Covid-19 kembali meningkat. Hal tersebut menjadi alasan Anggota Komisi IX DPR RI, Arzeti Bilbina meminta pemerintah melakukan pembatasan kegiatan berskala besar secara ketat.

Muchammad Yani
Kamis, 01 Januari 1970 | 07:00 WIB
Kasus Covid-19 Naik, DPR Minta Pemerintah Awasi Kegiatan Berskala Besar
suara.com/Ummi Hadyah Saleh

Selebtek.suara.com - Kasus Covid-19 kembali meningkat. Hal tersebut menjadi alasan Anggota Komisi IX DPR RI, Arzeti Bilbina meminta pemerintah melakukan pembatasan kegiatan berskala besar secara ketat. Hal ini menurutnya sebagai langkah antisipasi penyebaran subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 yang sudah mulai banyak ditemukan di berbagai daerah.

“Komisi IX DPR mendorong pemerintah mengawal ketat pelaksanaan kegiatan berskala besar, khususnya dengan tingginya angka penambahan kasus Covid-19 di Tanah Air saat ini,” kata Arzeti dalam keterangan pers yang diterima Parlementaria, seperti dilansir Suara.com, Kamis (23/6/2022).

Saat ini Satgas Penanganan Covid-19 baru saja mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 20 Tahun 2022. Isinya berupa aturan mengenai pelaksanaan kegiatan berskala besar, yakni acara yang dihadiri lebih dari 1.000 orang secara fisik dalam satu waktu tertentu. Dalam pelaksanaan kegiatan skala besar, Pemerintah mewajibkan pelaku kegiatan harus sudah mendapatkan vaksin booster Covid-19 atau vaksin dosis ke-3.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut pun berharap pemerintah secara seksama mengawasi aturan baru itu.

“Pemerintah melalui Satgas Penanganan Covid-19 dan para stakeholder lainnya harus memastikan tidak ada pelanggaran aturan dari setiap kegiatan berskala besar, termasuk semua aturan penyelenggaraan acara lainnya harus dipenuhi panitia,” pesan Arzeti.

Selain itu Legislator daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur I tersebut mengingatkan anak usia 6-17 tahun yang mengikuti kegiatan berskala besar harus sudah mendapatkan vaksin Covid-19 minimal dosis kedua. Hal ini sesuai dengan aturan pada SE terbaru dari Satgas Penanganan Covid-19.

“Anak dengan usia di bawah 6 tahun dan orang yang tidak dapat menerima vaksin karena kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid kami imbau agar tidak menghadiri kegiatan berskala besar untuk menghindari potensi penularan Covid. Ini penting sebagai pencegahan terjadinya kembali gelombang Covid-19 mengingat saat ini penyebaran subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 sudah cukup masif. Kita harus memastikan anak-anak dan keluarga kita terlindungi dari Corona,” imbuhnya.

Menurut Arzeti, upaya harus tetap dilakukan secara optimal meskipun penambahan kasus subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 diprediksi melandai kembali setelah Juli nanti. Apalagi berdasarkan keterangan Satgas Penanganan Covid-19, kenaikan kasus saat ini mencapai 104 persen dengan penambahan lebih dari seribu kasus dalam 6 hari berturut-turut.

“Komisi IX DPR juga meminta pemerintah terus melakukan akselerasi vaksin Covid-19, termasuk booster bagi masyarakat. Percepatan vaksinasi anak juga harus dilakukan sehingga daya tahan tubuh masyarakat meningkat di tengah meningkatnya ancaman penyebaran Covid-19,” papar Arzeti.

Arzeti juga meminta pemerintah mempertimbangkan pengetatan kembali aturan pembatasan Covid-19. Arzeti menyebut, emerintah pun perlu memastikan semua fasilitas kesehatan di daerah sudah siap apabila terjadi skenario terburuk yang menyebabkan munculnya gelombang baru Corona.

Sumber: Suara.com

Ragam

Terkini

Nah, di Senin 8 Agustus 2022, game Mobile Legends punya beberapa kode redeem.

Tekno | 07:20 WIB

Konser anniversary kali sangat spesial, sebab hampir semua alumni JKT48 menghadirinya

Entertainment | 22:59 WIB

Riesca Rose juga mengungkapkan bahwa seseorang tidak perlu menghakimi orang lain seperti tidak pernah melakukan dosa

Entertainment | 22:52 WIB

Zul manggung membawakan lagu tersebut bersama Zivilia

Entertainment | 22:45 WIB

Shandy Purnasari tampak menghadiri suatu acara dengan memamerkan rambut panjangnya

Entertainment | 22:30 WIB

Kesepakatan ini telah dibuat oleh keduanya bahkan sebelum mereka memutuskan untuk menikah

Entertainment | 22:25 WIB

Penampilan Gaya Busana Tara Basro di Gala Premiere Pengabdi Setan 2: Communion

Entertainment | 21:45 WIB

Rizky Billiar mengatakan dirinya saat ini fokus mengurus bisnis dan bekerja di belakang layar

Entertainment | 21:37 WIB

Polisi tetapkan manajer BCL sebagai tersangka kasus Narkoba

Entertainment | 21:31 WIB

Ikke Nurjannah menegaskan bahwa keinginannya ini sudah dibicarakan dengan sang suami

Entertainment | 21:22 WIB

Polri menegaskan bahwa inspektorat khusus menetapkan Ferdy Sambo melakukan pelanggaran kode etik terkait olah tempat kejadian perkara (TKP)

Ragam | 21:16 WIB

Andre Yakub tak terima tudingan Hotman Paris Hutapea soal menelantarkan anak dari hasil pernikahannya dengan Iqlima Kim

Entertainment | 19:48 WIB

Penampilan Melati Sesilia disebut mirip dengan ikon Citayam Fashion Week, Jeje Slebew

Entertainment | 19:35 WIB

Setelah memutuskan menjadi mualaf pada 2019 lalu, kini Marcella Simon kembali memeluk agama Katolik

Entertainment | 19:27 WIB

Riesca Rose membenarkan bahwa suara dalam rekaman yang beredar memang percakapannya dengan seseorang

Entertainment | 19:18 WIB
Tampilkan lebih banyak